PotretNews.com Kamis 22 November 2018
Home > Berita > Siak

PT BSP Peduli Perguruan Silat Domas Cimande Induk Cabang Riau

PT BSP Peduli Perguruan Silat Domas Cimande Induk Cabang Riau

Atlet silat Domas Cimande foto bersama usai memperoleh medali emas di Kepulauan Meranti.

Selasa, 16 Oktober 2018 21:43 WIB
Halim Rambe

PERAWANG, POTRETNEWS.com - Domas Cimande Induk Cabang Riau, adalah salah satu perguruan pencak silat yang sudah eksis di Provinsi Riau. Sejak berdiri 1969 silam, perguruan yang dipimpin Guru Besar TS Hendra, telah banyak melahirkan atlet berprestasi baik regional, nasional, hingga internasional.

Eksistensi Perguruan Silat Domas Cimande tentu tidak terlepas dari komitmen perguruan untuk melahirkan generasi muda berprestasi di berbagai level.

Selaku guru besar, sekaligus pendiri, H TS Hendra terus memberikan semangat dan motivasi agar putra-putri Riau mampu berprestasi sampai ke ajang international. Namun prestasi yang diraih atlet Domas Cimande, juga tidak terlepas dari kerja keras pelatih, pengurus, dukungan pemerintah dan pihak swasta.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/16102018/potretnewscom_pk25s_1393.jpg
Atlet silat Domas Cimande foto bersama usai memperoleh medali emas di Kepulauan Meranti, belum lama ini. 

Ads
”Alhamdulillah pesilat pesilat Domas dapat berprestasi di setiap ajang yang diikuti, berkat kerja keras para pelatih dan pengurus setiap Cabang Domas dan tak kalah penting prestasi ini bisa diraih atas dukungan penuh PT Bumi Siak Pusako, demi putra putri Siak khususnya dan Riau, bisa berprestasi sampai kancah International," ujar Guru Besar Domas Cimande Induk Cabang Sumatera H TS Hendra kepada potretnews.com, Selasa (16/10/2018).

TS Hendra memberikan apresiasi khusus kepada PT BSP atas kepedulian Domas Cimande. Perusahaan daerah yang bergerak di bidang minyak dan gas, memberikan dukungan kepada pesilat, dalam rangka mengikuti kejuaraan baik kategori laga, TGR dan festival

”Berkat dukungan PT BSP, Domas Cimande semakin eksis mengikuti kejuaraan. Perusahaan sangat peduli prestasi anak bangsa khususnya pencak silat,” ucap dia.

Sementara itu, Panji Sumirat SE selaku Pelatih Utama Induk Domas Cimande Sumatera memaparkan perkembangan perguruan.

Menurut dia, Domas Cimande tidak hanya rutin membina atlit pencak silat di perguruan, tetapi juga menggelar event dan mengikuti kejuaraan yang ada. Kejuaraan yang diikuti, tidak hanya tingkat provinsi, regional, nasional bahkan internasional. Dari kejuaraan multievent, berbagai prestasi berhasil diraih pesilat Cimande.

Selain pretasi, perguruan silat Domas Cimande juga semakin diminati masyarakat. Perguruan tidak hanya sudah berdiri di hampir semua kabupaten dan kota di Riau (Siak, Dumai, Bengkalis, kampar, Pelalawan, dan Rokan Hilir) tetapi juga di beberapa provinsi tetangga seperti Jambi, Batam dan Bintan (Kepulauan Riau) serta Kabupaten Asahan di Sumatera Utara.

Panji Sumirat yang merupakan pelatih utama perguruan pencak silat Domas dan juga memegang predikat pelatih nasional dan juri festival nasional menambahkan, pesilat Domas Cimande didominasi kalangan pelajar. Oleh karena itu, prestasi tidak akan diraih tanpa dukungan Dinas Pendidikan dan pihak sekolah.

”Kami berharap dukungan dari segenap pihak, terutama Dinas pendidikan agar dapat bekerja sama dalam mewujudkan prestasi putra putri Riau. Kepala sekolah dapat mensupport anak didiknya, terkait mata pelajaran yang tertinggal saat mengikuti kejuaraan. Sebab tanpa dukungan dari Dinas pendidikan prestasi takkan tercapai,” tanda Panji Sumirat.

Kejuaraan yang diikuti Domas Cimande tahun 2018:

1. Pekan Olah Raga Daerah Provinsi Riau ditaja oleh KONI Riau;

2. Festival Silat International yang ditaja Dispora Kota Padang;

3. Festival Silat International ditaja oleh Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh;

4. Open Turnamen Pencak Silat Laga ditaja IPSI Provinsi Riau;

5. Kejurcab Pencak Silat ditaja oleh KONI dan IPSI Siak;

6. Festival Seni Golok Indonesia di KPTA Jakarta ditaja oleh SGI;

7. Festival nasional ditaja oleh Dinas Pariwisata dan IPSI Provinsi Banten.

Prestasi yang pernah diraih di antaranya:

1. Pada open turnamen Bupati Cup Meranti sekaligus dalam rangka pelantikan Pengurus IPSI Riau Domas meraih 1 emas, 2 perak dan 4 perunggu;

2. Festival International di Padang meraih juara umum tingkat nasional;

3. Festival international di Kota Payakumbuh meraih 4 kategori penampilan terbaik tingkat nasional. ***

Kategori : Siak, Sport
wwwwww