Masya Allah! Saat Tsunami Menerjang, Air ”Lompati” Masjid Ini tanpa Kerusakan, padahal Jaraknya Hanya 50 Meter Saja dari Pantai

Masya Allah! Saat Tsunami Menerjang, Air ”Lompati” Masjid Ini tanpa Kerusakan, padahal Jaraknya Hanya 50 Meter Saja dari Pantai

Masjid Jami Pantoloan di Kelurahan Pantoloan, Kecamatan Tawaeli, Palu yang ”dilompati” tsunami. (sumber: panrita news) .

Senin, 15 Oktober 2018 09:25 WIB
PALU, POTRETNEWS.com - Bencana yang mengguncang wilayah Palu, Sulawesi Tengah meninggalkan beberapa cerita yang mungkin tak masuk logika. Satu di antaranya adalah bangunan Masjid Jami Pantoloan di Kelurahan Pantoloan, Kecamatan Tawaeli, Palu. Di saat bangunan di sekelilingnya telah luluh lantak diterjang tsunami, kondisi masjid ini tetap berdiri kokoh.

Dilansir potretnews.com dari tribunnews.com, tak ada satu pun terlihat kerusakan di bangunan masjid seperti bekas terjadi gempa dan tsunami di tempat itu. Tembok di masjid itu pun juga tidak terlihat adanya noda sama sekali.

Padahal, lokasi masjid berwarna hijau itu hanya berjarak sekira 50 meter saja dari pantai dan Pelabuhan Pantoloan.

Muhammad Alif Firmanyah (18), saksi mata yang saat peristiwa tsunami berada di dalam Masjid Jami Pantoloan menyebut masjid ini sangat nyata dilindungi dari bencana maha dahsyat itu.

Saat kejadian gempa mengguncang, Alif dan para jamaah hendak menunaikan Sholat Maghrib berjamaah di masjid yang menurut cerita warga telah dibangun sejak Tahun 1936.

Alif menceritakan saat adzan Maghrib tengah dikumandangkan, tiba-tiba terjadilah gempa yang begitu dahsyat. Para jamaah pun langsung lari berhamburan keluar karena takut tertimpa bangunan.

Namun, sang muadzin tetap meneruskan kumandang adzannya hingga selesai baru kemudian lari keluar masjid. "Saya waktu itu sedang ngambil air wudhu. Adzan itu belum selesai berkumandang tiba-tiba diguncang gempa," kata Alif ditemui di Masjid Jami Pantoloan, Sabtu (13/10/2018).

Alif menuturkan gempa itu membuat banyak jamaah yang berjatuhan bahkan sampai terpental keluar pagar masjid. Mereka pun terus berdoa dan melantunkan dzikir di tengah kepanikan yang terjadi.

"Waktu gempa sampai ada yang tersalto keluar sampai pagar. Semua orang berdzikir waktu gempa," ujarnya menceritakan saat-saat mencekam itu terjadi.

Alif menceritakan gelombang air tsunami yang begitu tinggi dan kencang itu sama sekali tak menyerang masjid tersebut.

Bahkan, ia menyebut gelombang air yang setinggi pohon kelapa itu justru melompati masjid tersebut dan terbelah setelah melewati kubah masjid. "Air laut tidak masuk ke masjid sama sekali. Bahkan, ke halaman masjid pun tidak masuk, tapi dia naik ke atas melompati kubah masjid ini," kata Alif.

Melihat kejadian itu, Alif dan para jamaah yang ada di ?masjid pun dibuat terpana. Mereka tak henti memanjatkan doa dan dzikir atas mukjizat yang baru saja disaksikannya. "Kita semua di sini terus berdzikir," kata Alif.

Setelah gelombang tsunami berhenti, barulah air masuk ke dalam masjid melalui bagian belakang. Namun air itu tenang dan tak bergejolak. "Air masuk ketika sudah surut. Posisi air datang dari belakang masjid dan setinggi sekira selutut," ucapnya.

Ismail (46) jamaah yang juga berada di dalam masjid saat tsunami terjadi mengakui kalau air tsunami sama sekali tak menyerang Masjid Jami Pantaloan. Menurut dia, semua itu terjadi semata karena kuasa dan perlindungan Allah SWT.

"Ini murni karena kuasa Allah karena memang tidak masuk logika. Sehari-harinya masjid ini dipakai untuk salat berjamaah, pengajian dan kumpul warga," kata Ismail.

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Peristiwa
wwwwww