Home > Berita > Riau

Sekdaprov Hadiri Syukuran Jalur Siposan Rimbo Pemprov Riau

Sekdaprov Hadiri Syukuran Jalur Siposan Rimbo Pemprov Riau

Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi (tengah).

Kamis, 13 September 2018 22:28 WIB
TELUKKUANTAN, POTRETNEWS.com - Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rahman diwakili Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi menghadiri acara syukuran jalur Siposan Rimbo Pemprov Riau di desa Pauh Angit, Pangean, Kuantan Singingi, Selasa (11/9/2018) malam. Pada kesempatan tersebut, Ahmad Hijaji juga mengapresiasi prestasi jalur Siposan Rimbo Pemprov Riau dari Desa Pauh Angit Kecamatan Pangean ini yang berhasil meraih juara pertama pada Festival Pacu Jalur (FPJ) Tradisional di Tepian Narosa Telukkuantan tahun 2018 ini.

Ia berharap, jalur Siposan Rimbo mampu mempertahankan prestasinya. "Pacu jalur adalah aset budaya yang patut kita lestarikan. Keberhasilan Siposan Rimbo meraih juara satu pada FPJ 2018 ini, patut diapresiasi," ujarnya.

Kehadiran Sekdaprov Riau saat syukuran jalur yang disponsori Pemprov Riau ini adalah sejarah bagi jalur yang meraih juara satu di Tepian Narosa Telukkuantan. Ini pertama kali ada pejabat provinsi yang hadir di acara syukuran kemenangan. Apalagi jalur Siposan Rimbo ini juga sukses mengukir sejarah. Berhasil tiga tahun berturut-turut keluar sebagai juara pertama. Sehingga berhak memiliki piala Menteri Pariwisata RI.

Selain ada Sekdaprov, hadir juga Kepala Dinas ESDM Riau, Indra Agus Lukman, Anggota DPRD Riau, Masnur, Mantan Bupati Kuansing dua periode Sukarmis, Ketua DPRD Kuansing, Andi Putra beserta sejumlah anggota seperti Adam, Jefri Antoni, Rosi Atali dan Sastra Febriawan.

Kemudian, perwakilan IKPA Pekanbaru, Mardianto Manan dan Askardi, Pemuka Masyarakat Pangean, Nayarlis dan Jubardi dan Kepala Desa Pauh Angit Sustiaji beserta kades se-Pangean dan undangan lainnya.

Selain bersilaturrahmi antar sesama, masyarakat Siposan Rimbo juga memanfaatkannya untuk makan bersama sekakigus pemberian santunan kepada para anak yatim.

Acara syukuran ini pun berlangsung meriah dan semarak. Dalam kesempatan itu, jalur Siposan Rimbo mendapat bonus uang pembinaan Rp41 juta lebih dari keluarga Sukarmis, DPRD Kuansing dan Pemprov Riau.

"Siposan ini sudah luar biasa. Siposan Rimbo ini berhasil ukir sejarah. Ini sejarah bagi Pangean dan bagi Kuansing. Tak akan ada dua kalinya jalur seperti Siposan Rimbo ini. Kalau tak ada Siposan Rimbo mungkin jalur-jalur Inhu yang berjaya. Untung Siposan Rimbo ada sebagai pahlawan Kuansing," puji Sukarmis dalam sambutannya.

Ia juga mengapresiasi perjuangan pemacu jalur ini. Ke depan, Ia yakin, Siposan Rimbo mampu mempertahankan juara. Karena itu, Sukarmis menyarankan, agar Siposan Rimbo ini hanya turun di Tepian Narosa. "Kalau di rayon-rayon, Siposan jangan ikutlah. Cukup Kilek aja yang dipacukan. Karena orang akan merasa terhormat kalau berpacu di jalur Siposan. Jaga jalur ini baik-baik," harapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kuansing Andi Putra pun memuji prestasi Siposan Rimbo. Keberhasilan Siposan ukir prestasi menurutnya, karena pemacunya latihan serius dan tidak asalan.

”Mendapatkan juara tidak gampang. Siposan ini latihannya tidak main-main. Ia juga kompak. Saya sangat yakin, dengan niat yang baik, perjuangan Siposan Rimbo diridhoi Allah SWT. Sehingga bisa juara seperti sekarang ini. Mudah-mudahan Siposan bisa mempertahankannya," demikian Andi Putra. (rls)

Kategori : Riau, Pemerintahan
wwwwww