Home > Berita > Riau

Gubernur Riau Resmikan Penyalaan Perdana Listrik Masuk Kampung Lubukjering, Rasio Elektrifikasi Siak Capai 94 Persen

Rabu, 29 Agustus 2018 11:26 WIB
gubernur-riau-resmikan-penyalaan-perdana-listrik-masuk-kampung-lubukjering-rasio-elektrifikasi-siakPeresmian penyalaan listrik di Desa Lubuk Jering, ditandai dengan penekanan sirene.
SIAK, POTRETNEWS.com - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman bersama Bupati Siak Syamsuar meresmikan penyalaan listrik PLN di Kampung Lubukjering, Kecamatan Sungaimandau, Kabupaten Siak, Selasa (28/8/2018). Orang nomor satu di provinsi ini optimistis program Riau terang tahun 2019 bakal tercapai. Gubri mendukung upaya Perusahaan Listrik Negara (PLN) meningkatkan infrastruktur jaringan listrik di Riau.

Gubernur mengapresiasi PLN atas peresmian penyalaan listrik di 17 desa tersebut. Ia mengaku pembangunan infrastruktur jaringan listrik pada desa-desa di Riau membutuhkan anggaran yang besar. Dengan semangat yang besar program listrik desa harus dituntaskan.

"Peresmian listrik desa ini menjadi momen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ia pun mengingatkan masyarakat untuk hemat dalam penggunaan listrik," ungkapnya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/03112018/potretnewscom_xnsu5_1405.jpg

Selain Kampung Lubuk Jering, Andi Rachman juga akan meresmikan penyalaan listrik PLN di 16 tempat yang berada di 5 Kabupaten lainnya, yakni di Kabupaten Indragiri Hilir (11 desa), Kabupaten Rokan Hulu(3 desa) , Kabupaten Kampar (1 desa) dan Kabupaten Kepulauan Meranti (1 desa).

Dengan masuknya listrik ke Kampung Lubukjering, maka Rasio Elektrifikasi (RE) di Kabupaten Siak saat ini meningkat menjadi 94 persen.

"Untuk di Kabupaten Siak, masih ada beberapa desa yang belum masuk listrik, yakni Desa Teluklancang di Kecamatan Sungaimandau, Desa Teluklanus di Kecamatan Sungaiapit, Desa Tumang di Kecamatan Siak, dan Desa Rantaubertuah di Kecamatan Minas,"sebut Bupati Siak Syamsuar.

Dia berharap desa-desa tersebut akan segera dialiri listrik PLN, sehingga nantinya Kabupaten Siak tidak ada lagi yang belum memiliki listrik di Kampung-kampungnya.

Sementara itu, GM PT. PLN Irwansyah Putra mengatakan, Desa Lubuk Jering, merupakan salah satu dari 17 desa di Provinsi Riau yang masuk kedalam Desa yang di aliri listrik untuk tahun 2018.

”Setelah masuknya aliran listrik di 17 desa tersebut, menambah rasio elektrifikasi Provinsi Riau menjadi 91.39%. Dari 1899 desa di Provinsi Riau, 160 desa belum dialiri listrik dan InsyaAllah tahun 2019 seluruh desa di Provinsi Riau akan di aliri listrik,” jelas Irwansyah.

Peresmian penyalaan listrik di Desa Lubukjering, ditandai dengan penekanan sirine dan penyalaan saklar listrik dirumah masyarakat secara serentak oleh Gubernur Provinsi Riau, Bupati Siak, GM PT. PLN wilayah Riau dan Kepulauan Riau, serta Camat Sungaimandau Novendra Kasmara. (rls)

Kategori : Riau, Pemerintahan
wwwwww