Akibat Kebakaran Hutan, Harta Satu Keluarga di Desa Tanjungleban Rokan Hilir Kini Hanya Tinggal Baju di Badan

Akibat Kebakaran Hutan, Harta Satu Keluarga di Desa Tanjungleban Rokan Hilir Kini Hanya Tinggal Baju di Badan

Kebakaran hutan di Rohil, Riau, merambah ke permukiman sehingga sekitar 20 rumah terbakar dan 50 jiwa mengungsi. (foto: okezone)

Minggu, 19 Agustus 2018 15:45 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Sedikitnya 20 rumah warga Desa Tanjungleban, Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, habis terbakar akibat dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Sebagian sudah ada masyarakat mengungsi akibat rumah ikut terbakar. Bahkan ada satu keluarga yang harus kehilangan seluruh harta bendanya. Hanya baju di badan saja yang tersisa saat ini. Mereka adalah keluarga Cewet (45), warga Desa Tanjungleban, Kecamatan Kubu.

Selain itu Cewet juga kehilangan kebun kelapa sawit yang juga terkena dampak kebakaran hutan dan lahan yang mengenai permukiman warga.

"Saat kebakaran mereka tidak ada di rumah. Saat kembali rumah mereka sudah rata dengan tanah. Kebun sawit mereka juga habis," ucap Sekertaris Desa Tanjung Leban, Wandri, Sabtu (18/8/2018), dilansir potretnews.com dari okezone.com.

Selain itu, Cewet juga kehilangan sepeda motor dan sebuah mobil yang sebelumnya terparkir di samping rumah. Saat ini keluarga malang ini menumpang di rumah kerabat.

Pihak Desa Tanjungleban Kecamatan Kubu, Rohil, Riau mencatat sedikitnya 20 keluarga atau sekitar 50 jiwa sudah mengungsi. Selain itu sedikitnya 17 rumah warga musnah dilalap si jago merah.

"Kalau keluarga lain masih bisa menyelamatkan harta benda dari dalam rumah. Namun untuk Pak Cewet hanya baju di badan saja. Warga sangat butuh pertolongan pemerintah," ucapnya.

Kebakaran di Kabupaten Rohil sudah terjadi lebih dari sepekan. Tim darat dan udara terus berupaya memadamkan api yang sudah menimbulkan kabut asap itu. Namun sejauh ini belum sepenuhnya tertangani. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Peristiwa, Rohil
wwwwww