Bukan Hanya Indonesia, Negara Ini Juga Rayakan Kemerdekaan pada 17 Agustus

Bukan Hanya Indonesia, Negara Ini Juga Rayakan Kemerdekaan pada 17 Agustus

Distrik Rio, di Libreville, Gabon. Gambar ini diambil pada 24 Mei 2018. (foto: afp/steve jordan via kompas.com)

Jum'at, 17 Agustus 2018 17:35 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - 17 Agustus 1945 menjadi hari yang bakal dikenang sepanjang hayat penduduk Indonesia. Tepat hari ini, usia kemerdekaan Indonesia mencapai 73 tahun. Namun, Indonesia bukan satu-satunya negara di dunia yang memperingati kemerdekaan pada 17 Agustus. Pada 58 tahun lalu, sebuah negara di Afrika bagian barat mencatatkan sejarah dunia dengan mengumumkan kemerdekaan dari Perancis pada 17 Agustus 1960.

Britannica mencatat, Gabon masih menjalin hubungan erat dengan Prancis, termasuk mengadopsi bahasa Prancis sebagai bahasa nasional.

Dilansir potretnews.com dari kompas.com, Gabon merupakan negara republik dengan sistem presidensial. Presiden menjabat sebagai kepala negara dan memiliki masa jabatan selama 7 tahun.

Pada September 2016, petahanan Presiden Ali Bongo terpilih kembali menjadi presiden, setelah melawan sengit penantang utamanya, Jean Ping. Penduduk di Gabon mencapai 1,9 juta jiwa pada 2016.

Dari jumlah itu, sekitar empat perlima populasinya terdiri dari kaum urban, di mana setenganya tinggal di kota besar, seperti Libreville, Port-Gentil, Franceville, Oyem, dan Moanda. Peta Gabon. (Brittanica) Sebagai informasi, Port-Gentil adalah pusat industri kayu dan minyak.

Sementara, Libreville adalah ibu kota administratif dan pusat komersial. Penduduk Gabon lainnya tersebar secara luas di ratusan pedesaan, di sepanjang sungai dan jalan. Untuk selama beberapa tahun, sekitar tiga perempatan wilayah negara Gabon dipenuhi dengan hutan.

Namun, pada awal 1970, penemuan sumber daya alam mineral baru ditemukan dan dieksploitasi melebihi kayu. Gabon merupakan salah satu negara penghasil mangan terbesar di dunia. Emas dan berlian juga ditambang di negara tersebut.

Terkait perekonomian, Gabon memiliki mitra perdagangan yang dapat diandalkan yaitu Perancis dan Amerika Serikat, serta beberapa negara di Eropa. Selain itu, China dan Jepang juga rekan dagang yang penting.

Gabon dan lima negara Afrika lainnya tergabung pada organisasi Economic and Monetary Community of Centra Africa. Gabon juga dianugerahi kekayaan alam yang luar biasa termasuk satwa liar langka.

BBC mengabarkan, sebuah laporan terbaru pada Februari 2017 menunjukkan, populasi gajah di negara itu telah hilang 80 persen selama satu dekade terakhir. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Peristiwa
wwwwww