Apa Itu Program ”Perban Alquran” yang Diluncurkan Mahasiswa KKN Umri?

Kamis, 16 Agustus 2018 10:21 WIB
Muhamad Maulana
apa-itu-program-perban-alquran-yang-diluncurkan-mahasiswa-kkn-umriKegiatan Magrib Mengaji ala mahasiswa KKN Umri yang disebut dengan Program ”Perban”.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Mahasiswa Kelompok 1 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) mendukung program yang digulirkan Wali Kota Pekanbaru Firdaus yakni Magrib Mengaji melalui program ”Perban” yang merupakan singkatan dari perbaiki bacaan dan tilawah Alquran. Kegiatan yang diusung oleh mahasiswa tersebut dilaksanakan setiap malam Ahad, dimulai dari ba’da Magrib dan kemudian disambung kembali setelah Isya hingga pukul 21.00 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan di Musala Jannatun Na’im , tepatnya di Kelurahan Simpangtiga RT 04/RW 05 Kecamatan Bukitraya Pekanbaru.

Kelompok 1 KKN Umri yang dibimbing oleh Ranti Darwin SE ME mempunyai visi agar penerus generasi Islam menjadi generasi yang Qurani.

Perban meliputi perbaikan bacaan tajwid (mengeluarkan huruf dari tempatnya dengan memberikan sifat-sifat yang dimilikinya, red), makhoriju huruf (tempat keluarnya huruf dalam melafalkan huruf Alquran), dan pembelajaran tilawah ber-maqam (irama/langgam) kurdi (bayyati).

Kemudian sistem belajar santai namun tetap sopan, sehingga tidak ada jarak baik dari pengajar maupun yang di ajar. Keakraban yang diciptakan seperti bermain dengan teman sebaya menambah riuh suasana belajar mengajar.

Metode yang dikemas menarik serta tidak monoton, sehingga menarik minat dari anak-anak serta remaja yang ingin belajar bacaan, irama dan tajwid dalam Alquran. Terbukti dari antusianisme peserta didik yang hadir dari kelas 5 SD sampai dengan jenjang SMP.

Selain menyukseskan program Magrib Mengaji, mahasiswa KKN Umri juga mengadakan didikan subuh yang di laksanakan setiap hari ahad ba’da subuh hingga pukul 08.00 WIB. Kegiatan acara meliputi tadarus Alquran, belajar wudhu, salat berjemaah dan doa-doa pendek.

”Kami di sini berbagi sedikit ilmu yang kami ketahui, dengan cara pembelajaran yang santai dan tidak terlalu formal namun tetap sopan. Tujuan kami adalah mendidik anak-anak dan remaja menjadi generasi yang cinta Alquran. Kebanyakan generasi sekarang terlalu sibuk dengan gadgetnya sehingga jauh dari Alquran,” ujar hafiz salah satu mahasiswa kelompok 1 KKN Umri 2018. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww