Home > Berita > Inhu

Macan Dahan yang Terjebak di Kolong Rumah Warga Indragiri Hulu Diduga Sudah ”Akrab” dengan Manusia

Macan Dahan yang Terjebak di Kolong Rumah Warga Indragiri Hulu Diduga Sudah ”Akrab” dengan Manusia

Macan dahan yang terjebak di permukiman. (foto: istimewa via detikcom)

Minggu, 22 Juli 2018 14:41 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Macan Dahan (Neofelis nebulosa) yang ditaksir berumur 5-6 bulan itu menjalani observasi di kandang transit milik Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau di kawasan jalan HR. Soebrantas Pekanbaru, Riau. Macan betina ditangkap setelah terjebak di kolong rumah penduduk di Kelurahan Kampungdagang Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Proses penangkapannya berjalan lancar, karena macan itu sudah "akrab" dengan manusia.

”Ini kelihatan dari sifat keliaran macan ini sudah menurun. Takutnya kalau langsung kami lepas, akan kembali lagi ke manusia," ujar Kepala Wilayah I Rengat BBKSDA Riau, MH Hutomo, Ahad (22/7/2018).

Selain sifat keliarannya yang sudah menurun kata Hutomo, lokasi tempat ditemukannya macan ini juga janggal. Sebab berada di perkampungan manusia. Sementara habitat terdekat macan ini ada di seberang sungai Indragiri, Landscape Suaka Marga Satwa Kerumutan.

Jumat pagi lalu warga Kelurahan Kampung Dagang dikejutkan oleh kehadiran Macan Dahan di kolong rumah. Makin lama, warga yang tahu akan keberadaan "kucing besar" ini makin memenuhi lokasi.

"Kami dikabari warga sekitar pukul 10:00. Tim kemudian turun ke lokasi dan langsung mengisolasi kolong rumah. Lantaran hari Jumat, kita rehat sholat Jumat dulu dan kemudian dilanjut hingga habis maghrib. Sekitar pukul 04.30 wib, macan itu sampai di kandang transit BBKSDA di Pekanbaru," ujar Hutomo, dilansir potretnews.com dari gatra.com.

Selain mengamankan Macan Dahan, Tim BBKSDA Riau Wilayah I kata Hutomo juga sedang berupaya menyelamatkan Beruang Madu (Helarctos malayanus) yang terperangkap jerat warga di Indragiri Hilir.

"Kemarin kami dapat telepon dari warga kalau jerat yang ditujukan untuk menjerat binatang lain, ternyata mengenai beruang madu. Hari ini tim kita sedang melakukan upaya penyelamatan di sana," tutur Hutomo. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Inhu, Umum
wwwwww