Home > Berita > Umum

Inilah Kawasan Wisata ”Tangga Seribu” di Batam yang Konon Bekas Tempat Tinggal BJ Habibie

Inilah Kawasan Wisata ”Tangga Seribu” di Batam yang Konon Bekas Tempat Tinggal BJ Habibie

Inilah kawasan wisata ”Tangga Seribu” di Batam yang konon bekas tempat tinggal BJ Habibie.

Minggu, 24 Juni 2018 11:35 WIB
BATAM, POTRETNEWS.com - Batam merupakan kota di Kepulauan Riau yang identik dengan sosok BJ Habibie. Mantan Presiden Indonesia ketiga ini memang pernah ditugaskan oleh Presiden Soeharto untuk mengembangkan Batam sebagai kota industri. Bahkan sebuah jembatan yang menghubungkan tiga pulau, Batam, Rempang, dan Galang atau disingkat Barelang menjadi jejak peninggalan BJ Habibie di Batam.

Tak hanya itu, di daerah Sekupang, Batam, ada sebuah tempat wisata baru yang diberi nama ”Tangga Seribu Habibie” karena konon merupakan bekas tempat tinggal B.J. Habibie ketika berada di Batam.

Haris, pengelola tempat wisata ini mengatakan, bangunan yang disebut-sebut tempat tinggal B.J Habibie ini hanya tinggal puing-puing. Ia secara inisiatif membangun sebuah spot foto di daerah yang tinggi sehingga pengunjung bisa berfoto dengan latar laut di belakangnya.

"Kalau turun ke bawah itu pantai Dangas. Jadi sekali masuk bisa dua tempat wisata didatangi," ujar Haris, dilansir potretnews.com dari suara.com.

Nama seribu sendiri berasal dari jumlah anak tangga dari lokasi tersebut di ketinggian menuju Pantai Dangas di bagian bawah. Bersiaplah untuk tersengal-sengal ketika menuruni serta menaiki anak tangga ini.

"Maksud 1000 dihitung secara keseluruhan, jadi tidak cuma tangga yang turun ke pantai saja, ada lagi tangga di tempat lainnya di kawasan ini, sehingga kalau dijumlahkan kurang lebih 1000," tambah Haris.

Sayangnya, karena dikelola swadaya oleh masyarakat setempat, Tangga Seribu Habibie terkesan kurang terawat. Rute menuju tempat wisata ini pun sangat sepi, dengan kontur jalan yang naik turun.

Namun dari spot ini, Anda bisa melihat gedung-gedung pencakar langit Singapura lebih jelas. Ya, Haris mengatakan bahwa setiap malam tahun baru, pengunjung Tangga Seribu semakin ramai karena antusiasme warga Batam yang ingin melihat pesta kembang api di negara tetangga.

Lokasi yang cukup teduh dengan pepohonan mengitari dan semilir angin sepoi-sepoi, wisata Tangga Seribu bisa Anda datangi saat berlibur ke Batam. Untuk tiket masuknya, Anda hanya perlu mengeluarkan Rp 10 ribu sudah termasuk biaya parkir dan foto sepuasnya di berbagai spot. Selamat berwisata. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww