Anggota Baru UKM Pers Tabloid Visi Unilak Dibekali Pelatihan Jurnalistik, Warek III: Hal-hal Sederhana Bisa Menjadi Materi Tulisan

Anggota Baru UKM Pers Tabloid <i>Visi</i> Unilak Dibekali Pelatihan Jurnalistik, Warek III: Hal-hal Sederhana Bisa Menjadi Materi Tulisan

Peserta diklat jurnalistik serius menyimak materi yang disampaikan narasumber. (foto: istimewa)

Sabtu, 05 Mei 2018 18:38 WIB
Rifal Rafigali
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Visi Universitas Lancang Kuning (Unilak), Pekanbaru, Riau, menggelar pelatihan jurnalistik tingkat dasar (PJTD), Jumat-Sabtu (4-5/5/2018). Tema yang diambil adalah "Menjadi Bagian dari Sejarah dengan Menulis". Bertempat di sekretariat bersama organisasi kemahasiswaan Unilak, kegiatan yang berlangsung Jumat-Sabtu (4-5 Mei 2018) itu diikuti 22 mahasiswa, yang 18 di antaranya adalah kaum hawa.

PJTD merupakan kegiatan wajib bagi calon anggota baru yang sebelumnya telah dinyatakan lulus setelah mengikuti tes wawancara belum lama ini.

Dalam pembukaan pelatihan itu, Wakil Rektor (Warek) III Unilak Dr H Eddy Asnawi SH MHum, mengatakan, menjadi penulis apalagi wartawan butuh kepekaan terhadap hal-hal sederhana.

”Hal-hal sederhana bisa menjadi materi tulisan setelah dimaknai dan diteliti lebih dalam,” kata Eddy yang juga Ketua Umum Pengurus Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara - Hukum Administrasi Negara (APHTN-HAN) Provinsi Riau.

Menurut dia, menjadi penulis dan wartawan harus berwawasan luas. Tidak boleh berwawasan sempit yang cenderung mengedepankan sikap keakuan.

Sebelumnya, Pemimpin Umum LPM Visi Unilak Mona Monica dalam sambutan berharap dengan adanya pelatihan ini, para anggota baru bisa mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh. Kemudian peserta dapat menyerap informasi yang diberikan oleh pemateri supaya bisa dipraktikan ketika nantinya melaksanakan magang di UKM LPM Visi. ”Pelatihan ini bisa membekali anggota baru dengan ilmu baru yang pastinya akan sangat diperlukan oleh mereka nantinya,” ucap Mona.

Ketua Panitia Pelaksana dalam laporannya menguraikan, pelatihan ini diisi oleh sejumlah narasumber dengan bidang keahlian masing-masing, salah satunya Mario Abdillah Khair SH (sejak Juni 2012 pemegang sertifikat dan kartu Wartawan Utama dari Dewan Pers/Sekretaris Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Riau Periode 2008-2012/Penanggung Jawab Koran Online potretnews.com).

Adapun materi yang diberikan kepada peserta antara lain; pengantar jurnalistik, dasar-dasar foto jurnalistik, teknik menulis berita straight news (berita singkat 5W + 1H [who, what, where, when, why, dan how], features (karangan khas/penulisan yang berfokus pada sisi human interest sebuah objek atau peristiwa), wawancara, dan materi dasar-dasar design grafis. (*1)

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww