Home > Berita > Siak

Kekurangan Sarpras, Jadi Persoalan UNBK di Siak

Kekurangan Sarpras, Jadi Persoalan UNBK di Siak

Rombongan Komisi X DPR RI saat berkunjung ke sekolah di Siak.

Rabu, 21 Maret 2018 19:51 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com - Tim kunjungan spesifik Komisi X DPR RI melihat kesiapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 tingkat SMA sederajat di Kabupaten Siak, Riau. Kedatangan rombongan Komisi X itu langsung disambut Asisten I Sekdakab Siak Budhi Yuwono dan Kadis Pendidikan Siak, Lukman. Rombongan Komisi X itu juga di ajak meninjau sejumlah sekolah di Siak, diantaranya SMKN 1 Mempura, SMAN 1 Siak dan SMK Negeri Pariwisata Siak.

Ketua Komisi X DPR RI, Djoko Udjianto menyampaikan, di Siak masih banyak kekurangan sarana dan prasarana (Sarpras) untuk menunjang UNBK tahun 2018. Karena kekurangan itu (komputer,red), menjadi kendala UNBK belum bisa dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Kedatangan kita kemari untuk memetakan berapa jumlah komputer yang dibutuhkan. Data yang diterima, untuk SMKN 1 Mempura komputer yang kurang sebanyak 35 unit, SMK Pariwisata Siak sebanyak 100 unit dan SMA N 1 Siak 30 unit," kata Djoko Udjianto, Rabu (21/3/2018).

Dari data kekurangan itu, Komisi X akan mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Jika di APBNP 2018 permasalahan ini belum terlaksana, saat penyusunan APBN 2019, kita dan Kemendikbud akan memasukan kekurangan komputer ini," kata Djoko.

Sementara Asisten I Budhi Yuwono menyebutkan, pada prinsipnya Pemkab Siak sangat mendukung program pemerintah pusat tersebut.

"UNBK tingkat SMA sederajat sebenarnya kewenangan pemerintah provinsi. Walau demikian, demi pelaksanaan UNBK lancar, Pemkab Siak siap membantu kalau ada kendala-kendala di lapangan," kata Budhi.

Budhi juga menegaskan bahwa setiap sekolah menengah atas di Kabupaten Siak sebenarnya memiliki komputer. Mesti kekurangan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Riau untuk menambahnya.

"Mudah-mudahan akan ada penambahan dari dinas Pendidikan Provinsi Riau maupun pusat. Kalau untuk listrik dan jaringan internet, kita sudah koordinasi dengan pihak PLN dan Telkomsel, agar saat pelaksaan UNBK tidak ada gangguan," ungkap Budhi. ***

wwwwww