Home > Berita > Riau

Ini Tiga Merek Sarden Bercacing yang Beredar di Riau

Ini Tiga Merek Sarden Bercacing yang Beredar di Riau

Tiga produk ikan sarden kalengan yang bercacing. (ki-ka) Farmer's Jack, Hoki, dan IO. (foto: istimewa; interfood; bukalapak.com)

Rabu, 21 Maret 2018 18:25 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Tiga produk sarden di Provinsi Riau ditarik dari peredaran setelah Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Pekanbaru mengeluarkan sanksi terhadap importir makanan kaleng tersebut. Hal itu menyusul uji laboratorium yang dilakukan BBPOM terhadap produk dimaksud setelah adanya laporan warga di Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Selatpanjang di Kabupaten Kepulauan Meranti dan Bengkalis.

"Hasilnya ditemukan adanya cacing. Hanya saja itu bukan cacing pita tapi jenis anisakis SP," kata Kepala BBPOM di Pekanbaru, Kashuri, di kantornya Jalan Diponegoro, Rabu (21/3/2018) siang, dilansir potretnews.com dari liputan6.com.

BACA JUGA:

. Selain Masalah ATM, Nasabah Juga Keluhkan Lambatnya Pelayanan Bank Riau Kepri Cabang Siak

. Kala Dirut Bank Riau Kepri dan Humasnya Kompak Bungkam Ditanya soal Harga Sewa Ruko Kantor Cabang di Jakarta Rp1,4 Miliar per Tahun

. DPRD Riau Bereaksi Keras atas Rencana PT RAPP Impor 1500 TKA China

Kashuri menjelaskan, tiga produk sarden itu bermerek IO, Farmer Jack, dan Hoki. Ketiganya produk luar negeri yang diduga tak diproduksi secara higienis sehingga ada cacingnya.

BBPOM menyatakan cacing itu tidak hidup lagi. Cacing diduga keluar dari perut ikan dalam kemasan sarden itu setelah produksi dan mati karena adanya pemanasan 100 derajat sebagai finalisasi produk. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Umum
wwwwww