Home > Berita > Riau

Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Komitmen Ciptakan Suasana Damai, Bersih, tanpa Hoax, dan Tidak SARA Selama Masa Kampanye

Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Komitmen Ciptakan Suasana Damai, Bersih, tanpa <i>Hoax</i>, dan Tidak SARA Selama Masa Kampanye

Empat pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Riau foto bersama pada Deklarasi Kampanye Damai, Ahad (18/2/2018).

Minggu, 18 Februari 2018 15:17 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Hari ketiga pelaksanaan kampanye Pilkada Riau 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menggelar deklarasi dan kampanye damai, yang dilaksanakan di halaman kantor KPU Riau, Ahad (18/2/2018). Dalam kesempatan itu, hadir keempat pasangan calon (paslon), simpatisan serta unsur Forkompimda, dan juga kalangan masyarakat, karena lokasinya berada di dekat area car free day, Jalan Gajah Mada, Pekanbaru.

Dalam kesempatan itu, pihak KPU Riau mengajak pasangan calon dan pendukungnya untuk membuat suasana kondusif selama masa kampanye.

Deklarasi tersebut juga ikut dibacakan keempat pasang kandidat di atas panggung yang sudah disediakan pihak KPU. Mereka menyatakan komitmen untuk berkampanye tanpa menyebar hoax dan tidak menjurus SARA.

Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh provinsi se-Indonesia, yang menyelenggarakan Pilkada 2018, yang bertujuan untuk menciptakan Pilkada damai dan sukses.

Ketua KPU Riau, Nurhamin mengatakan, kegiatan juga merupakan intruksi dari KPU RI, agar tercipta Pilkada yang bersih di seluruh daerah.

"Ini juga merupakan araham dari KPU RI, agar dilakukan deklarasi kampanye damai di setiap daerah, tentunya untuk menciptakan Pilkada yang bersih, juga sesuai dengan motto KPU Riau, yaitu bersih, partisipatif, aman dan santun, yang disingkat dengan Berpantun," tuturnya, dilansir potretnews.com dari tribunnews.com.

Dalam kesempatan itu, semua paslon dan ketua tim kampanye diminta menandatangani Prasasti Pilkada Damai yang disaksikan Komisioner KPU, Bawaslu Riau dan Forkompimda. Selanjutnya para paslon juga melakukan pelepasan burung merpati sebagai simbol perdamaian di depan kantor KPU Riau tersebut.

Selanjutnya dilakukan karnaval dengan memakai mobil hias paslon keliling Kota Pekanbaru. Setiap paslon membawa masing-masing mobil yang sudah dihias dengan atribut partai dan nomor urut serta foto Paslon.

Iring-iringan mobil tersebut berdasarkan nomor urut pasangan calon, mulai dari nomor urut nomor 1 di bagian depan, hingga nomor 4. Kegiatan ini juga diikuti simpatisan dan pendukung masing-masing Paslon, sehingga kegiatan tersebut tampak semarak.

Ada pun kegiatan kampanye sudah dimulai sejak tanggal 15 Februari 2018 lalu. Tanggal 18 ini merupakan hari ketiga kampanye, karena pada tanggal 16 ditetapkan KPU libur kampanye, karena hari besar Imlek. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Umum, Politik, Peristiwa
wwwwww