Home > Berita > Riau

Bakal Jadi Terpanjang di Indonesia, Tol Padang-Pekanbaru Akan Punya Terowongan 8,9 Km

Bakal Jadi Terpanjang di Indonesia, Tol Padang-Pekanbaru Akan Punya Terowongan 8,9 Km

Ilustrasi.

Jum'at, 09 Februari 2018 21:49 WIB
PADANG, POTRETNEWS.com - Jalan tol Padang-Pekanbaru sepanjang 244 Km telah mulai dibangun. Tol ini merupakan ruas tol pertama yang dibangun di Provinsi Sumatera Barat. Pada salah satu titik jalan akan dibangun sebuah terowongan di wilayah Payakumbuh sepanjang 8,95 Km. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, terowongan tersebut akan menjadi terowongan terpanjang di Indonesia. Terowongan itu juga dibangun lantaran menembus Bukit Barisan.

"Ada terowongan ini nanti mungkin akan jadi terowongan terpanjang di Indonesia," katanya di Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/1/2018), dilansir potretnews.com dari merdeka.com.

BACA:

. Kendati Untung Besar, Jumlah ATM Bank Riau Kepri Kalah Jauh Dibanding Bank Nagari

. Tiga Hari Gagal Transaksi, Bank Riau Kepri Diisukan Bangkrut, Ini Jawaban Manajemen

Dia mengungkapkan, pembangunan terowongan ini membutuhkan dana sebesar Rp 9 triliun. Dana itu termasuk dalam total pembangunan jalan tol Padang- Pekanbaru Rp 78,09 triliun.

"Terowongan saja itu (anggaran) Rp 9 triliun, Rp 9 triliun jika di miliarkan berarti Rp 9.000 miliar. Kita bisa bayangin kalau dijutakan itu berapa berarti. Rp 9 juta-juta, uang yang sangat besar sekali tapi ini sudah dihitung," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menuturkan terowongan ini dibuat supaya tidak merusak alam di sekitar Bukit Barisan. Menurutnya dengan dibangun terowongan maka jaraknya akan lebih pendek.

"Kalau enggak pakai terowongan rutenya lebih panjang 11 km. Karena itu pakai tunnel baru kali ini, panjang tunnelnya kira-kira 9 Km," tandasnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Pekanbaru, Umum
wwwwww