Home > Berita > Riau

Ini Penyebab Kota Pekanbaru Dua Hari Ini Terasa Sangat Dingin

Ini Penyebab Kota Pekanbaru Dua Hari Ini Terasa Sangat Dingin
Jum'at, 12 Januari 2018 20:52 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Suhu udara di Kota Pekanbaru Provinsi Riau beberapa hari ini terasa berbeda dari biasanya. Biasanya, cuaca di Pekanbaru terasa begitu panas dengan suhu bisa mencapai 34 derajat celcius. Tetapi, 2 hari belakangan ini, Kamis (11/1/2018) dan Jumat (12/1/2018), banyak warga yang merasakan hawanya lebih dingin. Padahal, tidak terjadi hujan lebat. Hanya gerimis, itu pun dalam rentang waktu yang tidak lama. Hal ini mungkin membuat warga bertanya-tanya, apa penyebabnya.

Melansir tribunnews.com, Prakirawan BMKG Pekanbaru Slamet, Jumat (12/1/2018) mengatakan, suhu udara di Pekanbaru mengalami penurunan, menjadi 21 derajat celcius dari biasanya berkisar antara 30-34 derajat celcius.

Hal ini disebabkan kondisi angin wilayah Riau dalam 2 hari belakangan ada belokan angin karena ada tekanan rendah di perairan Kepulauan Riau.

"Kondisi ini memicu pertumbuhan awan hujan cukup bagus. Namun karena angin permukaan hingga 5000 feet cukup kencang, maka pembentukan awan rendah sulit, namun awan menengah 2500 feet hingga awan tinggi 9000 feet cukup bagus atau tebal. Dampaknya radiasi matahari tidak maksimal masuk sehingga udara menjadi dingin," jelas Slamet.

Menurut Slamet, kondisi ini kemungkinan temporer saja. Dua hari ke depan sudah berangsur normal. "Dua hari ke depan diperkirakan sudah berangsur normal," ujar Slamet. ***

Editor:
Akham Sophian

wwwwww