Home > Berita > Riau

Melalui Disbudpar, Pemko Pekanbaru Siapkan Regulasi Pendukung Pariwisata Halal

Rabu, 06 Desember 2017 23:16 WIB
melalui-disbudpar-pemko-pekanbaru-siapkan-regulasi-pendukung-pariwisata-halalWali Kota Fir daus mengunjungi Wisata Dakwah Okura, beberapa waktu lalu.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru Provinsi Riau melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sedang menyiapkan rancangan draf Peraturan Daerah Pariwisata Halal di Pekanbaru. Lewat aturan ini, bukan hanya destinasi wisata saja yang yang dipromosikan tetapi juga pelayanan penuh bagi umat muslim.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pekanbaru Hermanius mengemukakan saat ini pihaknya sedang menyiapkan aturannya dan menggandeng pelaku usaha pariwisata. "Sekarang kami sedang susun drafnya bersama Asita (Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies) selaku rekan pengusaha bidang Pariwisata," kata dia, Rabu (6/12/2017).

Hermanius menjelaskan pariwisata halal itu lebih tepatnya Muslim friendly, yaitu menyiapkan fasilitas ibadah yang layak dan tujuan destinasi akomodasi ramah bagi umat Muslim.

Pariwisata bagi Muslim yang dimaksud yakni pelayanan dan ada beberapa hal perlu ditingkatkan yang bisa diterapkan oleh daerah tujuan wisata di Pekanbaru. "Kriteria pariwisata halal di antaranya yakni Muslim friendly destination, Muslim visitor arrival, Acces to prayers, Muslim travelers and general safety, dining option dan halal assurance, kemudian yang terakhir Acomodation option," katanya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/12122017/potretnewscom_y7exk_1098.jpgIlustrasi/Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pekanbaru Hermanius (kiri) tatkala mendampingi Wali Kota Pekanbaru Firdaus pada Pemilihan Bujang dan Dara Kota Pekanbaru Tahun 2016.

Untuk meningkatkan daya tarik pariwisata di Kota Pekanbaru, Hermanius menyebut pihaknya akan merumuskan suatu Ranperda tentang pariwisata halal. Tujuannya yakni untuk mewujudkan Pekanbaru sebagai salah satu destinasi pariwisata halal di Indonesia.

"Dalam penyusunan kita sudah siapkan fasilitas produk, pelayanan, dan pengelolaan yang memenuhi unsur syariah. Selain itu, tujuan kami agar wisatawan dapat merasakan kenyamanan dan keamanan dalam menikmati kunjungan wisata di Pekanbaru," ucapnya. Selain itu, bidang kuliner dan makanan halal juga diprioritaskan untuk layanan bagi para tamu dan wisatawan.

Sebelumnya Ketua Asita Riau Dede Firmansyah mengatakan memang perlu komitmen kuat dari pemerintah daerah dalam mewujudkan Riau dan Pekanbaru sebagai daerah tujuan wisata halal. "Memang harus didukung pemda karena perlu komitmen dari semua pihak agar pariwisata halal dapat terwujud, misal dari regulasi pendukungnya," ujarnya.

Pelaku usaha kata Dede, siap menjalankan paket wisata halal itu untuk melayani tamu yang berminat datang ke Pekanbaru dan Riau, khususnya tamu dari kalangan Muslim. ***

wwwwww