Jepang dan China Berebut Danai Pembangunan Tol Padang-Pekanbaru

Jepang dan China Berebut Danai Pembangunan Tol Padang-Pekanbaru

Ilustrasi.

Sabtu, 25 November 2017 10:25 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setyadi Moerwanto mengatakan, selain tol Cisamdawu, China juga mengincar beberapa proyek infrastruktur yang sedang dikerjakan pemerintah. Khusus untuk proyek jalan tol, Arie mengatakan China juga tertarik untuk mendanai pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru.

"Banyak yang ditawarkan. Sumber daya air dan lain-lain juga. Salah satunya yang mereka (China) inginkan untuk di Tol Padang-Pekanbaru. Di sana juga ada pekerjaan tunnel kan. Mereka juga ingin kerjakan," ungkapnya di Kantor Bina Marga, Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Jumat (24/11/2017), dilansir potretnews.com dari merdeka.com.

Namun, China bukanlah satu-satunya peminat. Menurutnya, Jepang melalui Japan International Coorporation Agency (JICA) juga tertarik mendanai pembangunan jalan tol Pekanbaru-Padang tersebut.

Meskipun begitu, pemerintah belum bisa menentukan siapa akan mendanai salah satu ruas tol Trans Sumatera tersebut. "Boleh saja mereka menawarkan. Tapi kan banyak juga negara-negara lain berminat. Jepang kan juga pengen. Nanti kita kompetisikan mana yang paling menguntungkan buat Indonesia," jelasnya.

Seperti diketahui, pemerintah berencana membangun jalan tol Padang-Bukittinggi-Pekanbaru sepanjang 240 km. Pembangunan jalan tol tersebut akan dimulai pada 2018 mendatang. ***

Editor:
Muh Amin

wwwwww