Home > Berita > Riau

Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 di Lapangan Limuno Telukkuantan, Ini Pesan Bupati Kuantan Singingi dan Beberapa Momen Bersejarah

Sabtu, 11 November 2017 17:40 WIB
Galeri Foto
pimpin-upacara-peringatan-hari-pahlawan-10-november-2017-di-lapangan-limuno-telukkuantan-ini-pesanBupati Kuantan Singingi H Mursini menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 di Lapangan Limuno Telukkuantan, Jumat pagi.
TELUKKUANTAN, POTRETNEWS.com - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Provinsi Riau Drs H Mursini MSi, memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 di Lapangan Limuno Telukkuantan, Jumat pagi. Apel itu turut dihadiri Wakil Bupati Halim, unsur forkopimda, para pejuang veteran, serta pejabat dan pegawai di lingkungan Pemkab Kuansing.

Membaca sambutan tertulis Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, bupati mengatakan, setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, dan pendiri Republik Indonesia.

Mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan, sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain.

Bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Para pendiri bangsa, kata dia, mengabarkan pesan penting kepada kita. Pesan itu adalah bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya kita harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya, yakni berdaulat, adil dan makmur.

Oleh karena pesan fundamental itulah maka peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2017 ini kita mengambil tema "Perkokoh Persatuan Membangun Negeri".

Apabila kita mampu bersatu sebagai satu bangsa maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia," katanya.

Peringatan Hari Pahlawan tingkat Kabupaten Kuansing kali ini terasa istimewa, karena ikut dihadiri Hj Fatimah Usun (85) dan Canso (84). Mereka adalah pejuang veteran yang menjadi saksi sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Usai upacara, Bupati Mursini dan rombongan bertolak menuju ke Makam Umar Usman di kawasan Luarparik, Desa Koto, Telukkuantan. Di makam pejuang itu, bupati dan pejabat lainnya melakukan tabur bunga sebagai tanda penghormatan kepada mantan Bupati Militer Indragiri tersebut. (adv)

Ini dia momen Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 di Lapangan Limuno Telukkuantan Kabupaten Kuantan Singingi yang terekam melalui lensa kamera:

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/25112017/potretnewscom_tdreg_1049.jpg
Bupati Kuantan Singingi H Mursini (kiri), Wakil Bupati H Halim, dan unsur forkopimda, memasuki lapangan Lapangan Limuno Telukkuantan untuk melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017, Jumat pagi.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/25112017/potretnewscom_evflw_1050.jpg
Unsur forkopimda dan pejabat Kabupaten Kuantan Singingi yang hadir pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017, Jumat pagi.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/25112017/potretnewscom_z45xx_1051.jpg
Barisan peserta Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 di Lapangan Limuno Telukkuantan, Jumat pagi.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/25112017/potretnewscom_25hrr_1052.jpg
Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 di Lapangan Limuno Telukkuantan, Jumat pagi.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/25112017/potretnewscom_lvg3q_1053.jpg
Bupati Kuantan Singingi H Mursini membaca pidato Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 di Lapangan Limuno Telukkuantan, Jumat pagi.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/25112017/potretnewscom_r7r4s_1054.jpg
Bupati Kuantan Singingi H Mursini, Wakil Bupati H Halim dan unsur forkopimda menerima laporan personel TNI saat prosesi di taman makam pahlawan usai Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 di Lapangan Limuno Telukkuantan, Jumat pagi.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/25112017/potretnewscom_3knmk_1055.jpg
Bupati Kuantan Singingi H Mursini, Wakil Bupati H Halim dan unsur forkopimda ziarah ke makam pejuang salah satunya KH Umar Usman, usai Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 di Lapangan Limuno Telukkuantan, Jumat pagi.

Narasi:
Teddy Gps dan redaksi potretnews.com

Foto-foto:
Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Kuantan Siangingi

wwwwww