Home > Berita > Siak

Sekda Siak Resmi Buka Bimtek PPRG

Sekda Siak Resmi Buka Bimtek PPRG

Sekda menandatangani Nota kesepakatan PPRG di Hotel Grand Mempura, Senin (6/11/2017).

Senin, 06 November 2017 17:49 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak Provinsi Riau, T Said Hamzah resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) sekaligus penandatanganan Nota kesepakatan PPRG di Hotel Grand Mempura, Senin (6/11/2017). Ini dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 67 Tahun 2011, tentang perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2008, tentang pedoman umum Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) di daerah, yang tertuang pada pasal 4 ayat 1 yakni, pemerintah daerah berkewajiban menyusun kebijakan, program dan kegiatan pembangunan berperspektif gender yang dituangkan dalam RPJMD, Renstra SKPD serta Renja SKPD.

Sekda T. Said Hamzah mengungkapkan, dalam PUG PPRG ini, pemerintah Kabupaten Siak telah melakukan beberapa upaya, seperti dengan menerbitkan Peraturan Bupati Siak Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pembentukan Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender, dan Surat Keputusan Bupati Siak Nomor 598/HK/KPTS/2017, tentang Penetapan Organisasi Perangkat Daerah sebagai penggerak dan pelaksana penerapan perencanaan dan penganggaran responsif Gender di Kabupaten Siak tahun 2017. 

"Selain dari pada itu, telah kita ketahui bersama bahwa hari ini, kita secara bersama-sama akan menandatangani Nota Kesepakatan 4 (empat) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Penggerak (driver) PPRG di Kabupaten Siak. Hal tersebut merupakan gambaran bagi kita bersama bahwa Pemerintah Kabupaten Siak memiliki komitmen yang tinggi dalam mencapai keadilan dan kesetaraan gender guna mewujudkan pembangunan yang berkeadilan," kata Sekda.

Sekda berharap, dengan adanya bimtek ini kedepan pemerintah daerah dapat menerapkan Perencanaan dan penganggaran yang responsif Gender dengan melakukan Gender Analysis Pathway (GAP) dan Gender Budget Statement (GAB), yang merupakan instrument dari Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender.

Dalam acara ini juga dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Siak Kadri Yafis, Kepala Badan Keuangan Daerah Yan Pranajaya, narasumber dari Kementerian Pemberdayaan Perempemuan Ratna Susianawati serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Arfan Usman. ***

wwwwww