Bupati Inhil Serahkan Bantuan 13 Kapal Motor dan Ratusan Alat Tangkap untuk Nelayan Desa Sungai Undan

Rabu, 01 November 2017 18:33 WIB
Advertorial
bupati-inhil-serahkan-bantuan-13-kapal-motor-dan-ratusan-alat-tangkap-untuk-nelayan-desa-sungai
RETEH, POTRETNEWS.com - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau HM Wardan menyerahkan bantuan 13 unit kapal motor dan ratusan alat tangkap kepada nelayan Desa Sungai Undan, Kecamatan Reteh, Rabu (1/11/2017).
Bantuan yang berasal dari Kementerian Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan program penyelamatan udang galah dan kepiting yang digagas oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Inhil.

Pemberian kapal motor dan alat tangkap yang diberikan tersebut, menurut bupati, bertujuan untuk membantu para nelayan agar dapat meningkatkan pendapatan sehingga tercapai kesejahteraan.

”Peliharalah alat tangkap ini, jangan menggunakan racun atau tuba, sudah ada peraturan yang melarang hal itu dilakukan, ada sanksi pidana yang diterapkan sekarang,” tegas Bupati Wardan.

Mengenai pelarangan menggunakan racun atau tuba tersebut, bupati juga mengatakan, dia bersama jajarannya di Pemerintahan Kabupaten Inhil, khususnya Dinas Kelautan dan Perikanan sudah melakukan sosialisasi kepada para nelayan di sejumlah daerah di Inhil.

”Bahkan, dalam aturan yang diberlakukan tersebut, juga terdapat denda sebesar Rp1,2 miliar yang dikenakan bagi para nelayan yang melanggar aturan, mencari ikan dengan menggunakan racun,” jelas bupati.

Bupati juga menceritakan, beberapa waktu lalu, dirinya berkunjung ke Kementerian Perikanan dan Kelautan. Kemudian beliau diberikan pengarahan untuk mengembangkan budidaya kepiting dan udang galah.

”Pengarahan tersebut, menurut pihak kementerian, melihat potensi kelautan yang ada di Inhil. Inhil memiliki wilayah perairan yang sangat luas, begitu pula dengan keberadaan kawasan hutan mangrove (bakau) yang luas turut menunjang habitat kepiting yang ada,” ujar Wardan.

Dengan adanya program pengembangan udang galah dan kepiting tersebut, HM Wardan berharap Kabupaten Inhil dapat menjadi daerah penghasil udang galah dan kepiting terbesar di Provinsi Riau bahkan Indonesia.

Selain untuk menyerahkan bantuan kapal motor dan alat tangkap, kedatangan bupati juga untuk meresmikan 33 unit rumah warga Desa Sungai Undan yang masuk dalam program bedah rumah swadaya oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Inhil, serta silahturahmi bersama warga yang dipusatkan di Mesjid Nurul Huda, Desa Sungai Undan.

Turut mendampingi Bupati Inhil dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik HM Thaher, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan H Mukhtar T, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Junaidy Ismail dan Kepala Badan Perizinan, Helmi D serta sejumlah pejabat eselon di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil lainnya. (adv/diskominfo/suf)

wwwwww