Home > Berita > Riau

Peneliti dari Wageningen University and Research Belanda Lakukan Riset Potensi Kelapa di Inhil

Kamis, 26 Oktober 2017 17:16 WIB
Advertorial
peneliti-dari-wageningen-university-and-research-belanda-lakukan-riset-potensi-kelapa-di-inhilSekdakab Inhil Said Syarifuddin bersama peneliti dari Wageningen University and Research Belanda.
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Dua orang peneliti asal Belanda datang ke Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau. Kedatangan mereka untuk melakukan penelitian potensi kelapa di Inhil. Kedatangan peneliti yang dipimpin Wolter Elbersen ini disambut baik oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Inhil H Said Syarifuddin, di ruang rapat Sekda Inhil, Komplek Kantor Bupati Inhil Tembilahan, Rabu (25/10/2017).

Kedatangan 2 orang peneliti dari Wageningen University and Research Belanda ini, bertujuan untuk meneliti potensi kelapa mulai dari serat hingga sabut kelapa, sebagai dasar pertimbangan untuk menarik investor dalam menanamkan modal guna pengembangan industri kelapa di Inhil.

Dikatakan Sekda, hasil penelitian ini nanti akan dibawa ke Belanda untuk kemudian dilakukan presentasi di hadapan para calon investor di negara mereka.

Kedatangan kedua orang peneliti yang difasilitasi oleh Pemerintah Belanda ini merupakan tindak lanjut dari penyelenggaraan Festival Kelapa Internasional (FKI) tahun 2017, yang diselenggarakan di Tembilahan beberapa waktu lalu dan turut dihadiri pula oleh delegasi asal Belanda.

”Para delegasi tersebut melihat potensi perkebunan kelapa yang begitu besar di Inhil dan melaporkan kepada pemerintahnya. Kedua peneliti ini pun akhirnya diberangkatkan oleh Pemerintah Belanda ke Inhil untuk melakukan riset tentang informasi tersebut. Hasilnya nanti akan dipresentasikan di hadapan 4 perusahaan manufaktur berbasis kelapa disana,” jelas Sekda.

Sekda sangat berharap hasil penelitian yang kemudian dijadikan sebagai bahan presentasi itu mampu menarik minat para investor asing agar mau menanamkan modalnya di Negeri Hamparan Kelapa Dunia tersebut .

”Tentunya, kami (Pemkab Inhil, red) sangat berharap agar hasil penelitian yang dilakukan dapat efektif menarik investor asing ke Inhil setelah presentasi di Belanda. Kami sangat mengapresiasi niat baik kedua peneliti Belanda yang datang hari ini,” ujar Sekda. (adv/diskominfo/suf)

wwwwww