Home > Berita > Riau

Rektor Umri Puji Prestasi dan Kreativitas Mahasiswanya

Sabtu, 07 Oktober 2017 06:29 WIB
Muhamad Maulana
rektor-umri-puji-prestasi-dan-kreativitas-mahasiswanyaRektor Umri Dr Mubarak MSi menyerahkan SK pelantikan pada pengurus UKM, Jumat (6/10/2017) sore. Ada sejumlah pengurus UKM yang dilantik.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) Dr Mubarak MSi melantik pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di kampus itu, Jumat (6/10/2017). Sejak kampus Umri berdiri, pelantikan itu merupakan yang perdana dilakukan pada UKM. Pengurus UKM yang dilantik kemarin yaitu Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala), UKM Olahraga, UKM Paduan Suara, UKM Tapak Suci dan UKM Quran Center. Di samping itu, rektor juga menyerahkan SK kepada para dosen pembimbing UKM tersebut.

Dalam sambutannya, rektor menekankan bahwa UKM ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk aktif selama berada di kampus. Dengan harapan, mahasiswa tidak sekadar mengejar prestasi akademik tapi juga non-akademik sesuai minatnya. "Jadi diwajibkan mahasiswa mengikuti UKM yang ia minati," ucap rektor.

Dorongan Mubarak itu sejalan dengan arah kebijakan kampus yang dalam tahun ini menekankan program Mahasiswa Hebat. Dimana, mahasiswa-mahasiswa yang ada diarahkan menjadi pribadi yang berprestasi.

Indikator mahasiswa yang hebat yaitu indeks prestasi kumulatif (IPK). Disamping itu, mahasiswa juga harus mampu mengembangkan kemampuan dirinya di luar akademik. Rektor mencontohkan aktivis Mapala yang banyak melakukan kegiatan tanpa merepotkan universitas. Mapala menurutnya kreatif mencari dana.

Kemudian, UKM paduan suara juga telah berhasil menorehkan prestasi di ajang lomba nasional. Yang terbaru yaitu meraih medali perak dalam lomba paduan suara tingkat nasional. "Bahkan, tahun depan akan berangkat lomba ke Malaysia," tuturnya.

Tak hanya itu, mahasiswa dari UKM Quran Center juga telah membanggakan universitas karena mewakili Umri dalam lomba di Malang beberapa waktu lalu. "Artinya, kalau mahasiswa mau aktif, pasti bisa. Sebaliknya kalau tidak mau maka tak akan bisa," paparnya. ***

wwwwww