Home > Berita > Riau

Gelar Reses, Legislator Siak Ini Banjir Pengaduan Sulit Urus KTP dan Surat Tanah

Gelar Reses, Legislator Siak Ini Banjir Pengaduan Sulit Urus KTP dan Surat Tanah

Awaludin saat foto dengan warga Perawang.

Jum'at, 29 September 2017 21:17 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Anggota DPRD Siak Awaludin menggelar reses di Kelurahan Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau, Minggu (27/8/2017) malam lalu. Saat berdialog, warga mengeluhkan sulit pengurusan kartu tanda penduduk (KTP) di Kabupaten Siak dan surat tanah di Kelurahan setempat.
Reses di halaman kediaman ketua RT daerah setempat, yang memiliki penduduk sekitar 200 kepala keluarga itu, adalah titik kedua bagi anggota DPRD Siak dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini. Sebelumnya, di RT 008/RK 003, Kampung Perawang Barat. Susana reses berlangsung akrab, hangat dan terjadi dialog dua arah.

"Saya sudah mengurus KTP anak sejak tahun 2016 lalu, namun hingga saat ini belum selesai. Semua persyaratan sudah saya penuhi, bahkan ada tanda terimanya. Namun, saya sudah bolak balik ke Siak, coba bayangkan pak, berapa biaya yang saya keluarkan untuk pengurusan KTP ini, mohon kepada pak dewan ini menjadi perhatian," kata Syahrial, warga setempat saat dialog.

Warga lainnya Charles Sanjaya, juga mengeluh terkait kesulitannya mengurus surat tanah di Kelurahan Perawang. Padahal, pengurusan surat tanah dari tingkat RT dan RW sangat mudah, ketika sampai kelurahan sulit dengan berbagai macam alasan.

"Dalam hal pengurusan surat tanah tingkat RT/ RW lancar, sampai di Kelurahan mentok. Alasannya kadang petugas mengatakan, lurah tak ada di tempat dan lainnya sebagainya," tutur warga dihadapan Awaludin.

Menyikapi hal itu, Awaludin berjanji akan menampung aspirasi yang disampaikan. Karena itulah, salah satu tujuan diadakannya reses masa rehat sidang kedua tahun 2017 ini. Kemudian aspirasi warga, diteruskan kepada pemerintah Kabupaten Siak, supaya dilakukan perbaikan pelayanan kepada masyarakat.

"Secara politik apa yang bapak ibu sampaikan sudah saya catat akan dibacakan langsung nanti pada sidang paripurna reses," ujar Awaludin.

Terkait pelayanan KTP, Awaludin menyatakan, ketika masih duduk di Komisi IV terus mendorong agar terus melakukan evaluasi pelayanan kepada masyarakat. Bahkan secara pribadi, Ia turun langsung membantu pengurusan KTP/KK warga, yang sudah lama tak juga tuntas.

"Kita akan terus mengingatkan intasi tekait. Pernah satu ketika, masuk telepon warga, bahwa butuh tanda tangan Kepala Dinas, kita suruh Kepala Dinas yang bersangkutan pulang dulu menyelesaikan tanda tangan itu," sebut Awaludin.

Soal pengurusan surat tanah, akan meneruskan kepada Bupati Siak.  Kenapa bisa sulit pengurusan di tingkat Kelurahan, sementara tingkat RT dan RW mudah. 

"Alasan kadang lurah tak ada di tempat, patut dipertanyakan kenapa kerap tak ada di tempat, bukankah tugas lurah lebih prioritas melayani mayarakat kelurahan, bukan ke Siak saja atau ke Pekanbaru," tandas Awaludin. ***

wwwwww