Home > Berita > Riau

Tablig Akbar Inhil Akan Pecahkan Rekor Muri dengan Ratusan Ribu Butir Tabak Bunga Telur

Jum'at, 22 September 2017 13:23 WIB
Advertorial
tablig-akbar-inhil-akan-pecahkan-rekor-muri-dengan-ratusan-ribu-butir-tabak-bunga-telurBupati Indragiri Hilir HM Wardan menyampaikan sambutan di hadapan jemaah.
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau HM Wardan menghadiri tablig akbar sempena Gema Muharam 1439 H, Kamis malam (21/9/2017) di Masjid Agung Al Huda Tembilahan. Tablig akbar ini menghadirkan penceramah Ustaz Maruli Ashari Hasibuan, juara pertama Akademi Sahur Indonesia (AKSI) Indosiar Tahun 2016. Tampak kaum muslimin antusias memenuhi masjid kebanggaan masyarakat Inhil ini.

Bupati HM Wardan menyampaikan, kegiatan tablig akbar ini merupakan bagian rangkaian Iven Wisata Religi Gema Muharam yang dilaksanakan tiap tahun.

Diawali dengan doa peralihan tahun, kemudian diisi dengan lomba seni bernuansakan islami dan diakhiri dengan tablig akbar di lapangan upacara Jalan Gajah Mada Tembilahan, tanggal 10 Muharam. ”Kegiatan Gema Muharam ini sudah menjadi iven wisata Provinsi Riau yang tiap tahun dilaksanakan. Ini dalam upaya menyemarakkan syiar Islam,” kata Wardan.

Dikatakan, di Kabupaten Inhil sangat banyak nilai budaya yang diadakan saat peringatan hari besar Islam, seperti peringatan Maulid dan Isra dan Mikraj, termasuk peringatan Muharam.

”Maka, pada peringatan Iven Wisata Religi Gema Muharam tahun ini, saya mengangkat satu nilai budaya saat perayaan hari besar Islam, yakni tabak bunga telur. Insya Allah, akan memecahkan rekor Muri dengan ratusan ribu butir tabak bunga telur,” ujar Bupati Wardan.

Tabak bunga telur adalah hiasan berupa telur ayam yang sudah dimasak, dibalut ornamen kertas/plastik, diikat dengan benang pada seutas bilah bambu, dan ditancapkan pada beras ketan yang dimasak dan ditempatkan dalam suatu wadah.

Untuk itu, beliau mempersilakan para pengurus mesjid/musala, kantor pemerintahan, perusahaan dan pihak kecamatan menyumbangkan Tabak Bunga Telur guna mendukung kegiatan ini.

Pada Iven Wisata Religi Gema Muharam tahun ini, selain menjadwalkan mengundang Gubernur Riau, panitia juga akan mengundang Menteri Agama RI. ”Kita akan mengundang Menteri Agama RI untuk hadir pada puncak peringatan Gema Muharam,” ujarnya.

Ustaz Maruli Ashari Hasibuan dalam uraian tausiyahnya menyampaikan tentang makna hijriah dalam kehidupan seorang muslim untuk menuju kehidupan yang lebih baik, di dunia dan di akhirat. (adv/diskominfo/suf)

wwwwww