Home > Berita > Riau

Jadi Khatib Idul Adha, Bupati Inhil Ajak Umat Muslim Jadikan Semangat Ibadah Kurban untuk Peduli Sesama

Jum'at, 01 September 2017 14:47 WIB
Advertorial
jadi-khatib-idul-adha-bupati-inhil-ajak-umat-muslim-jadikan-semangat-ibadah-kurban-untuk-peduliBupati Indragiri Hilir HM Wardan menyampaikan kutbah saat Salat Idul Adha.
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com – Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau H Muhammad Wardan menjadi khatib Salat Idul Adha 1438 H di Mesjid Agung Al Huda Tembilahan, Jumat (1/9/2017). Tampak hadir dalam pelaksanaan salat di mesjid kebanggaan masyarakat Inhil ini, Sekretaris Daerah Provinsi Riau H Ahmad Hijazi, Ketua Muslimat Nahdatul Ulama Hj Zulaikhah Wardan dan para pejabat Pemkab Inhil.

Bupati Wardan membuka kutbahnya dengan membacakan sebuah kisah nyata tentang sebuah keluarga duafa, namun memiliki tekad dan mampu berkurban. Ini menunjukkan kepada kita semua bahwa untuk mampu berkurban itu tidak harus kaya, tapi memerlukan kesungguhan dan keimanan," kata dia.

Ironisnya, berapa banyak mereka yang mampu dan memiliki harta yang banyak, bahkan harga telepon selulernya lebih mahal dari seekor kambing kurban, namun mereka tidak mau berkurban. "Maka, berkurban itu memerlukan kesungguhan, karena banyak mereka yang mampu berkurban tetapi tidak mau berkurban," ucap Wardan.

Untuk itu, diingatkannya sebuah hadits Nabi Muhammad SAW yang berbunyi ”Barangsiapa yang memiliki kelapangan (rezeki) dan tidak berkurban, maka janganlah ia mendekati tempat salat kami”. ”Idul Adha ini hendaklah harus menjadi sumber motivasi dan semangat selalu berkorban untuk sesama. Juga kita harus menyadari setiap saat untuk menyembelih nafsu kebinatangan yang selalu mendorong manusia kepada perbuatan maksiat," pesannya. 

Sebelum pelaksanaan Salat Idul Adha, dibacakan para pemenang Pawai Takbiran dengan tema ”Membumikan Kurban di Negeri Hamparan Kelapa Dunia”.  Untuk kategori instansi: Juara I Setdakab Inhil, Juara II Kementerian Agama, Juara III Dinas Kesehatan Inhil. Kategori mesjid/musala/ormas, Juara I Mesjid Al Muawanah, Juara II Mesjid Raudhatul Jannah, Juara III Surau Baituddin. 

Dan kelompok SMP/MTs sederajat, Juara I SMPN 1 Tembilahan Hulu, Juara II SMPN 2 Tembilahan Hulu, Juara III MTsN Tembilahan. Kelompok SMA/MAN sederajat Juara I MAN Tembilahan, Juara II SMAN 1 Tembilahan Hulu, Juara III SMAN 1 Tembilahan. (adv/diskominfo/suf)

wwwwww