Home > Berita > Riau

Proyek Tol Pekanbaru-Padang Ditawarkan ke Investor Jepang

Proyek Tol Pekanbaru-Padang Ditawarkan ke Investor Jepang

Ilustrasi.

Selasa, 29 Agustus 2017 08:10 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan pertemuan dengan Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) Shinichi Kitaoka. Pertemuan ini turut membahas kerja sama beberapa proyek infrastruktur. "Sudah jelas ada tiga yang coba ditawarkan, MRT east west, Patimban, dan Kereta Utara Jawa," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, belum lama ini.

Proyek Tol Lintas Sumatera pun juga turut dibahas dalam pertemuan ini. Namun, rencana kerja sama ini masih perlu pembahasan lebih lanjut dari pemerintah.

"Tadi ditambahkan juga Tol Trans Sumatera. Tapi untuk Tol Trans Sumatera kan perlu jaminan pemerintah. Tadi Menkeu jawab oke, macam-macam jaminan akan diberikan untuk proyek dengan berbagai skema," paparnya, dilansir potretnews.com dari okezone.com.

Pemerintah pun berencana menawarkan proyek Trans Sumatera ruas Padang-Pekanbaru kepada Jepang. Menurut Basuki, proyek sepanjang sekira 240 kilometer (km) ini akan menjadi prioritas dari pemerintah.

"Karena ruas tersebut penting sekali untuk logistik, semua barang dari Pekanbaru kan dari Padang. Cuma untuk membawa barang dari Padang ke sana kan harus berputar, apalagi kalau dari Malaysia. Kalau dari Padang kan bisa langsung ke Dumai," ujarnya.

Proyek Tol Padang-Pekanbaru ditawarkan karena dianggap lebih komersial. Rencana ini pun masih akan kembali dibahas oleh pemerintah. Selain Jalan Tol Lintas Sumatera, kerja sama rencananya juga akan dilakukan untuk proyek sanitasi. Jokowi pun meminta berbagai proyek infrastruktur dapat dibangun secara lebih cepat. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Pekanbaru, Umum
wwwwww