PotretNews.com Minggu 31 Mei 2020

Bupati Wardan Paparkan Potensi Kabupaten Inhil kepada Mahasiswa Universitas Kobe Jepang

Kamis, 24 Agustus 2017 20:17 WIB
Advertorial
bupati-wardan-paparkan-potensi-kabupaten-inhil-kepada-mahasiswa-universitas-kobe-jepang Bupati Indragiri Hilir HM Wardan foto bersama mahasiswa Universitas Kobe Jepang.
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau H Muhammad Wardan memaparkan berbagai potensi sumber daya alam daerah ini kepada mahasiswa Universitas Kobe Jepang, Rabu (23/8/2017). Pemaparan ini disampaikan beliau saat menerima kedatangan sejumlah mahasiswa asal Negeri Sakura ini yang akan melakukan penelitian di Inhil di kediaman dinas Jalan Kesehatan Tembilahan. Ikut mendampingi Bupati, Sekda H Said Syarifuddin, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan H Mukhtar T dan sejumlah pejabat lainnya.

Di awal pemaparannya, Wardan menyampaikan mengenai kondisi geografis dan demografis Inhil serta merupakan Kabupaten dengan wilayah paling luas di Provinsi Riau dengan heterogen suku yang mendiaminya.

"Adapun potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Inhil, mulai dari potensi perkebunan, pertanian, perikanan dan kelautan serta kepariwisataan," ungkapnya.

Khusus di sektor perkebunan, Inhil memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang kelapa, kelapa sawit, pinang, kopi termasuk kakao dan sagu. Selain itu, Inhil juga memiliki populasi Mangrove yang tumbuh melintas di sepanjang sungai Indragiri. Termasuk di pantai Solop yang merupakan salah satu wilayah dengan populasi mangrove terbesar di Inhil.

Semua potensi lokal ini, tentu saja dapat dikembangkan, karena pada penelitian sebelumnya terhadap salah satu tumbuhan lokal, yakni nipah yang dilakukan oleh Universitas Riau, diketahui bahwa terdapat potensi pengembangan yang luar biasa pada tumbuhan yang tumbuh liar di Kabupaten Inhil. Nipah, berdasarkan hasil riset dapat dikembangkan menjadi gula konsumsi masyarakat serta biodiesel. (adv/diskominfo/suf)

       
        Loading...    
           
Kategori : Pemerintahan, Umum, Inhil, Riau
Loading...
www www