Home > Berita > Riau

Kelompok 30 KKN Umri Sosialisasi Keramba Jaring Apung

Senin, 21 Agustus 2017 18:32 WIB
Muhamad Maulana
kelompok-30-kkn-umri-sosialisasi-keramba-jaring-apungKelompok 30 KKN Umri melakukan sosialisasi kepada kelompok budidaya ikan, Sabtu (19/8/2017).
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kelompok 30 Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) melakukan sosialisasi kepada kelompok budidaya ikan mengenai pengembangan ikan lele menggunakan keramba jaring apung di RT 3 Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayanraya pada Sabtu (19/8/2017). Sosialisasi ini bertujuan untuk mengenalkan keramba jaring apung yang mereka buat dari barang-barang bekas seperti drum bekas dan kayu bekas kepada kelompok budidaya ikan yang mengalami masalah dengan banjir yang datang ketika hujan yang menyebabkan terendamnya keramba dan kaburnya ikan.

Selain masalah banjir, kelompok 30 KKN UMRI juga mengenalkan ikan lele sebagai alternatif ternak ikan yang cepat dan ekonomis, kelompok kkn ini telah memulai budidaya lele sejak 11 Juni 2017 lalu dengan menggunakan keramba jaring apung yang mereka buat dari barang-barang bekas tersebut dan telah melakukan panen pertama setelah acara sosialisasi ini selesai.

Acara ini dihadiri oleh ketua RW 04, Nazirwan bersama ketua RT 03, Herman beserta anggota-anggota kelompok budidaya ikan.

Nazirwan selaku Ketua RW sangat mengapresiasi kinerja mahasiswa KKN yang mampu memberikan solusi masalah banjir dan ikan lele sebagai alternatif ternak ikan kepada kelompok budidaya di lingkungan RW-nya ini.

”Saya sangat senang dan sangat mengapresiasi para mahasiswa yang mau secara mandiri bekerja keras demi mencari solusi masalah banjir kepada kelompok budidaya ikan ini,” kata Nazirwan.

Mengingat tingginya tingkat konsumsi ikan di Pekanbaru saat ini dan banyaknya kolam-kolam budidaya yang di programkan oleh Dinas Perikanan Riau, di harapkan dengan sosialisasi ini mampu ikut menunjang perkembangan budidaya ikan yang ada di Pekanbaru ini. ***

Kategori : Riau, Pekanbaru, Umum
wwwwww