Home > Berita > Riau

Mobil PT Freeport Ditembaki Orang Tak Dikenal, Anggota Brimob Polda Riau Terluka

Mobil PT Freeport Ditembaki Orang Tak Dikenal, Anggota Brimob Polda Riau Terluka

Ilustrasi.

Jum'at, 18 Agustus 2017 14:21 WIB

MIMIKA, POTRETNEWS.com - Kapolres Mimika, AKBP Victor D Mackbon menyatakan penyidik masih menyelidiki penembakan kendaraan milik PT Freeport Indonesia di sekitar area mile poin 60, Distrik Tembagapura, Timika, Papua.

"Sampai pagi ini kita masih olah tempat kejadian perkara. Dugaan pelaku belum ada, kita masih investigasi," kata Kapolres Mimika di Timika, Jumat (18/8/2017).

Mobil tersebut ditembaki oleh oknum tidak dikenal di sekitar Mile Point 60, Distrik Tembagapura, Mimika tepat pada HUT ke-72 Republik Indonesia, Kamis (17/8/2017) sekitar pukul 13.00 WIT.

Penembakan mengakibatkan lubang di beberapa bagian mobil dan seorang anggota Brimob Polda Riau yang tergabung dalam Satgas Pengamanan Objek Vital Nasional atau Satgas Amole, Bharada R Arga terluka akibat pecahan kaca kendaraan.

"Jenis senjata dan peluru yang digunakan juga masih dalam penyelidikan, belum bisa kita sampaikan dulu," ujar Victor, dilansir potretnews.com dari metrotvnews.com. Kendaraan korban penembakan dibawa ke Reskrim di Mako Polres Mimika, Jalan Agimuga mile 32.

Juru Bicara PT Freeport Indonesia Riza Pratama mengatakan akses jalan tambang dari MP 40 hingga MP 66 telah ditutup dan seluruh konvoi dihentikan sementara sampai ada pemberitahuan selanjutnya.

Karyawan yang masih berada di dataran rendah sementara belum bisa mengakses jalan menuju area kerja mereka di dataran tinggi dari MP 40 ke atas.

Mobil pengawal jenis LWB bernomor lambung 01-4837 dikemudikan oleh Nikson Moningka, bersama anggota Brimob mengawal trailer dari Low Land tujuan Hight Land, Tembagapura.

Saat tiba di MP 58, salah satu kendaraan pengawal Milik PT Kuala Pelabuhan Indonesia (KPI) rusak, sehingga ditinggal di MP 58. Pengawalan kemudian dilakukan oleh satu unit mobil lainnya.

Setelah itu, kendaraan pengawal yang dikemudikan Nikson Moningka kembali ke MP 58 untuk menjemput dua anggota Brimob yang tertinggal akibat kendaraan mereka rusak.

Namun saat melintas di MP 60 menuju MP 58, mobil yang dikemudikan Nikson Moningka tiba-tiba diberondong tembakan oleh OTK dari arah sebelah kanan jalan, mengenai bagian mesin, ban kanan belakang pecah, body sebelah kanan terkena tembakan.

Setelah terjadi penembakan, sopir dan dua anggota Brimob langsung menumpang pada kendaraan pikap pengawas Lowboy yang menuju ke ke MP 58.

Sekitar pukul 15.00 WIT anggota Brimob korban yang terkena serpihan kaca kendaraan, Bharada R Arga tiba di Rumah Sakit Tembagapura untuk mendapatkan penanganan medis. ***

Editor:
Hanafi Adrian

Kategori : Riau, Umum, Peristiwa
wwwwww