Home > Berita > Siak

187 Narapidana di Siak Dapat Remisi HUT RI

187 Narapidana di Siak Dapat Remisi HUT RI

Bupati Syamsuar saat memberikan secara simbolis remisi kepada sejumlah Napi. (foto: sahril ramadana/potretnews.com)

Kamis, 17 Agustus 2017 17:04 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Sebanyak 187 orang Narapidana penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II-B Siak Sri Indrapura, Riau mendapat remisi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 RI. Dari 187 napi, 8 orang di antaranya dinyatakan bebas. "Tahun ini, sebanyak 187 orang yang kita ajukan mendapat remisi, diterima Kemenkumham," kata Kepala Rutan Siak, Sugianto, Kamis (17/8/2017).

Dalam kesempatan itu, dihadapan Bupati Siak Syamsuar beserta tamu undangan lainnya, Sugianto juga menceritakan terkait permasalahan Rutan yang sudah over kapasitas. Dia menyebut, saat ini penghuni rutan mencapai 550 orang. Padahal kapasitas Rutan hanya 128 orang.

"Untuk itu, Rutan Siak ini juga berfungsi menyiapkan napi menjadi mandiri, sehingga ketika keluar bisa menjadi manusia yang bertanggungjawab, dan mereka menjadi manusia seutuhnya dan tidak mengulangi tindak pidana serta dapat hidup secara wajar," kata Sugianto. Terkait over kapasitas, Kepala Rutan juga berharap Pemkab Siak dapat menghibahkan lahan untuk membangun Rutan yang baru.

Di tempat yang sama, Bupati Siak Syamsuar mengatakan, pemberian remisi untuk napi ini sesuai dengan surat keputusan dari Menteri Hukum dan Ham.

Selain itu kata dia, sesuai dengan tema HUT RI tahun 2017 ini "Kerja Bersama", pemerintah berharap kedepan kemajuan bangsa ini sesuai dengan harapan. Dan selalu bekerja sama dalam mewujudkan pembangunan.

"Untuk itu, kita mengajak semua elemen agar bersama-sama membangun negeri ini sesuai dengan profesi masing-masing memberikan peningkatan layanan kepada masyarakat. Agar dimasa yang akan datang negara ini sejajar dengan negara maju," kata Syamsuar.

Masih kata Bupati Syamsuar, dengan diberikannya remis tersebut juga menjadi momen untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa sehingga bisa menambah semangat patriotisme.

Semangat patriotisme harus ada di dalam hati, terutama pada generasi muda penerus bangsa. Apalagi saat ini gejolak ekonomi masih mengguncang negera. "Untuk itu, jika kita menjaga kekompakan, apa pun kesulitan yang dihadapi negara, dapat kita atasi sebagai bentuk perjuangan kita bersama," terang Syamsuar.

Dalam kesempatan itu, Syamsuar juga mengucapkan selamat kepada para napi yang mendapatkan remisi. Dia juga mengingatkan para napi yang bebas, nantinya dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat disekitarnya.

"Selamat kepada yang akan meninggalkan rutan, terutama yang menapatkan remisi bebas hari ini. Mari kita bersama-sama membangun di daerah kita masing-masing. Apa lagi selama dirutan, kalian juga mendapat pembinaan untuk bekerja. Jangan kita berpangku tangan sesuai dengan kemampuan," imbuh Syamsuar.

Terkait usulan Kepala Rutan mengenai bantuan lahan, Syamsuar langsung menanggapinya. Bahkan Pemkab Siak akan langsung berkoordinasi dengan Kakanwil mengenai hibah lahan tersebut. Dengan dihibahkannya lahan itu, Syamsuar juga berharap Kementrian Hukum dan Ham dapat memprioritaskan pembagunan Siak.

Usai memberikan sambutan, Bupati Syamsuar didampingi Wabup Alfedri juga memberikan secara simbolis remisi kepada sejumlah Narapidana. ***

wwwwww