Home > Berita > Riau

Peringatan Harganas XXIV/2017 Jadi Momentum Pemprov Riau dan Pemkab Perkuat Sinergi Sukseskan Program Keluarga Berencana

Rabu, 26 Juli 2017 22:26 WIB
peringatan-harganas-xxiv2017-jadi-momentum-pemprov-riau-dan-pemkab-perkuat-sinergi-sukseskanGubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman memukul gong menandai puncak acara Peringatan Harganas XXIV Tingkat Provinsi Riau 2017 di Bengkalis, Selasa (25/7).
BENGKALIS, POTRETNEWS.com - Puncak acara Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV Tingkat Provinsi Riau 2017 digelar di Kabupaten Bengkalis dan dihadiri oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman, Selasa (25/7). Perhelatan yang dipusatkan di Kampus Politeknik Negeri Bengkalis Desa Kuala Alam, Kecamatan Bengkalis, juga dihadiri Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Abdul Karim, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Forkopimda Bengkalis dan sejumlah tokoh masyarakat.

Dalam pidatonya, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman berharap, kepada seluruh pihak bersama-sama dalam menyukseskan program Harganas Riau karena saat ini telah terjadi 3 persen pertumbuhan penduduk oleh sebab itu perlunya untuk terus menyosialisasikan Program Keluarga Berencana (KB) di daerah-daerah.

Pria yang akrab disapa Andi Rachman itu mengharapkan Program KB ini dapat berjalan dengan lancar seperti kegiatan yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.

”Oleh karena itu, mari kita bersama-sama menjalankan program KB ini sehingga pertumbuhan penduduk dapat diatasi. Apabila pertumbuhan penduduk melebihi kemampuan kita, itu sangat berbahaya. Jadi perlunya kerja keras bersama untuk meningkatkan kualitas," ajak Andi.

Kegiatan Harganas XXIV dipadukan dengan beberapa kegiatan di antaranya Pencanangan TNI-Manunggal KB-Kesehatan dan tiap kecamatan ada satu Kampung KB dan penampilan Kampung KB di Kuala Alam di acara Haganas tersebut.

Gubernur Andi Rachman menyebut, Peringatan Harganas XXIX Tingkat Provinsi Riau dilaksanakan untuk menyukseskan Program Keluarga Berencana di Riau. "Apabila pertumbuhan penduduk tidak diiringi dengan kebijakan maka akan berpengaruh terhadap anak- anak kita," tuturnya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/12092017/potretnewscom_xulbn_996.jpg
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman (nomor 2 dari kanan), Bupati Bengkalis Amril Mukminin (paling kanan), dan pejabat lain menandatangani prasasti Kampung KB dalam rangkaian Peringatan Harganas XXIV Tingkat Provinsi Riau 2017 di Bengkalis, Selasa (25/7).

Menurut gubernur yang juga pernah menjadi Anggota DPR RI tersebut, pertumbuhan penduduk di Riau saat ini sangat tinggi. "Saya berharap semua pihak, pemrov dan pemkab bersinergi menjalankan keluarga berencana seperti dulunya untuk menekan pertumbuhan pendudukan," kata suami dari Hj Sisilita Arsyadjuliandi Rachman itu.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin dalam kesempatan yang sama mengemukakan, bahwa sangat diperlukan peran kontribusi bersama untuk menjawab tantangan keluarga yang berkualitas dan memberikan perhatian kepada keluarga. Dengan adanya tekanan ekonomi dapat menimbulkan yang pada umumnya memiliki banyak anak, kasus kekurangan gizi, anak jalanan, penyimpangan perilaku, HIV/AIDS, narkoba dan lainnya.

"Oleh karena itu perlunya kerja keras untuk meningkatkan kualitas keluarga dan keseriusan berbagai pihak untuk mengatasi persoalan ini," ujarnya.

”Ini sesuai dengan tema yang ditetapkan pada Peringatan Keluarga Nasional tahun ini, adalah ’Melalui Hari Keluarga Nasional Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga yang Berketahanan," ujar bupati dalam sambutannya.

Dikatakan Amril, keluarga merupakan tempat utama menumbuh kembangkan anggota yang ada dengan ditanamkan nilai, fungsi serta karakter keluarga. untuk melaksanakan fungsi-fungsi keluarga secara optimal, maka kebijakan pembangunan keluarga dilaksanakan melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan.

"Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, pembangunan keluarga dilakukan mulai sejak masa reproduksi, melahirkan serta pengasuhan anak. Bahkan, pembinaan remaja hingga lansia pun merupakan pembinaan secara menyeluruh dalam siklus kehidupan manusia," papar Amril.

Untuk mewujudkan keluarga berkualitas, sejahtera dan mandiri, imbuh bupati, Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah melakukan berbagai program, seperti program pembangunan bidang kesehatan, pendidikan, penguatan ekonomi keluarga dan program penguatan kelembagaan.

"Terwujudnya keluarga yang berketahanan akan menjadi wahana efektif untuk membentuk generasi yang berkualitas karena dalam lingkungan keluarga yang memiliki ketahanan tinggi," katanya.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Yenrizal Makmur dalam sambutannya mengatakan, Peringatan Hari Keluarga Nasional yang digelar tersebut, merupakan salah satu simbol penghargaan bagi keluarga Indonesia yang telah melakukan partisipasi aktif Program Keluarga Berencana (KB) dan pembangunan keluarga.

''Program KB bukan membatasi kelahiran namun sebaliknya mengarahkan kualitas keluarga,'' kata Yenrizal. ***

wwwwww