Home > Berita > Siak

Transparansi Anggaran, Penghulu Kampung di Siak ini Pasang Baliho APBKam

Transparansi Anggaran, Penghulu Kampung di Siak ini Pasang Baliho APBKam

Baliho di pasang di depan Kantor Penghulu Kampung Pangkalanpisang.

Selasa, 18 Juli 2017 20:06 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Pemerintah Kampung Pangkalanpisang, Kecamatan Kotogasib, Siak, Riau, memasang baliho besar di depan kantor penghulu kampung yang berisi tentang Anggaran Pendapatan Belanja Kampung (APBKam) 2017. Penghulu Kampung Pangkalanpisang Hendro Satriyoko mengatakan, pemasangan baliho ini dilakukan agar seluruh masyarakat mengetahui anggaran kampung.

"Ini menjadi salah satu bukti kita, agar selalu transparansi kepada seluruh masyarakat. Jadi, anggaran di kampung ini siapa saja boleh tahu,"kata dia, Selasa (18/7/2017).

Bahkan kata Hendro, pemasangan baliho anggaran ini, merupakan yang pertama dilakukan pemerintah kampung di wilayah Kecamatan Kotogasib. Ini dilakukan guna menjawab tanda tanya dari masyakarat mengenai besaran anggaran kampung yang selama ini banyak yang tidak mengetahuinya.

"Sebelum kita membuat baliho ini, kita juga memberitahukan kepada masyarakat mengenai besaran anggaran dana kampung setiap tahunnya. Tapi kan tidak terlalu efektif jika kita tidak membuat rinciannya. Kalau di baliho ini semua kita buat, mulai dari pengeluaran untuk gaji, pembangunan jalan melalui semenisasi dan lain-lain," terangnya.

Dia mengaku, ide pemasangan baliho ini, awalnya di lihat dari media online, tentang adanya anjuran dari Kemndes agar setiap desa diwajibkan membuat baliho atau plang transparasi anggaran dana desa.

"Informasinya pertama saya lihat di media online. Jadi karena itu anjuran dari Kemendes, kita wajib menjalankannya. Lagi pula, dana kampung ini memang tidak perlu dirahasiakan. Untuk itu mari kita kawal pengunaan dana ini, demi kemajuan kampung kita,"ujar Penghulu Kampung yang akrab dipanggil Koko ini. ***

wwwwww