Home > Berita > Umum

Ikan Bilis, Si ”Penghuni” Sungai-sungai di Riau, Ukurannya Kecil tapi Rasanya Luar Biasa Nikmatnya

Ikan Bilis, Si ”Penghuni” Sungai-sungai di Riau, Ukurannya Kecil tapi Rasanya Luar Biasa Nikmatnya

Ikan bilis khas Riau. (foto: ilustrasi/sbs)

Sabtu, 08 Juli 2017 10:56 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Mencari menu olahan ikan bilis di Pulau Sumatera memang tidaklah sulit, pasalnya ikan ini memang ”penghuni” sungai-sungai di Pulau Sumatera, termasuk salah satunya di Provinsi Riau. Kenali olahan ikan bilis yang siap menggoyang dan memanjakan lidah. Tapi sebelum menyantap olahan ikan bilis yang gurih dan menggoda, kita kenali dulu apa itu ikan bilis.

Dilansir potretnews.com dari okezone.com yang merangkum dari berbagai sumber, ikan bilis biasa juga disebut dengan ikan bilih atau ikan bako. Ikan ini memiliki nama latin Mystacoleucuc Padangensis.

Area persebaran ikan ini termasuk yang terbatas karena hanya ditemui di Pulau Sumatera saja. Ikan ini memiliki ukuran yang kecil namun kelezatan rasanya tidak bisa dianggap remeh.

Jika pergi ke pasar di Pulau Sumatera pasti dengan mudah menemukan ikan bilis ini. Biasanya pedagang menjualnya dalam keadaan segar ataupun sudah kering.

Bumbu untuk mengolah ikan ini juga sangat simpel, bahkan ikan bilis sudah punya rasa yang mantap walau hanya digoreng tanpa bumbu. Pada masyarakat Riau, biasanya mereka mengolah ikan ini dengan cara digoreng bersama bumbu cabai yang pedas.

Tapi sebagian lainnya menggoreng hingga garing lalu disantap bersama pelengkap sambal saat makan. Di sepanjang jalan Provinsi Riau, tak sulit mencari menu ikan ini. Hampir setiap restoran dan rumah makan menyediakan menu ikan bilis. Jangan kaget jika harga yang dibanderol tergolong sangat murah. Hati-hati jangan sampai kalap menyantapnya ya. ***

Editor:
Hanafi Adrian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww