Hujan Padamkan Belasan Titik Panas di Sumatera

Hujan Padamkan Belasan Titik Panas di Sumatera

Kebakaran terjadi tidak jauh dari area perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Tanahputih Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Selasa (21/2). - Antara/FB Anggoro

Jum'at, 30 Juni 2017 12:47 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan hujan yang turun merata di lima provinsi akhirnya mampu memadamkan belasan titik panas di Sumatera. "Akibat hujan, titik panas yang sempat terdeteksi satelit 2 hari berturut-turut hilang. Untuk sementara Sumatera, aman," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru Slamet Riyadi di Pekanbaru, Jumat (30/6/2017).

Dalam 2 hari terakhir, yakni Rabu (28/6/2017) dan Kamis (29/6/2017), satelit mendeteksi 19 titik panas sempat muncul dan bertahan di lima provinsi di Sumatera.

Ke-19 titik panas itu mayoritas terkonsentrasi di Riau 10 titik, Sumatera Utara empat titik, Sumatra Barat dan Bengkulu sama-sama menyumbang dua titik, dan Sumatera Selatan satu titik.

Berdasarkan analisis BMKG, potensi hujan disertai petir dan angin kencang masih terjadi di sejumlah provinsi di Sumatera karena memasuki musim pancaroba menuju kemarau kering.

"Kami perkirakan, Agustus tahun ini merupakan puncak kemarau di Sumatera. Saat ini aja, ancaman karhutla [kebakaran hutan dan lahan] mulai meningkat khususnya di Riau," ucap Slamet dilansir potretnews.com dari bisnis.com.

Ini disebabkan karena separuh dari total luas daratan di Provinsi Riau atau sekitar 8,9 juta hektar adalah hutan dan lahan bergambut yang rentan terbakar.

Pada Kamis (29/6/2017), Tim Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan Riau melaporkan, sekitar 8 hektare lahan di Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir terbakar. Satgas karhutla Riau mengerahkan tiga helikopter untuk melakukan operasi bom air dari udara untuk memadamkan api.

Sementara itu, Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), mengatakan kebakaran mulai terjadi. "Kebakaran hutan di Rantaubais, Tanahputih, Kabupaten Rohil (Rokan Hilir). Alhamdulillah, hujan telah padamkan api," papar Sutopo.

Pemerintah Provinsi Riau telah memperpanjang status Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan hingga November 2017, setelah berakhir pada 30 April tahun ini. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Peristiwa, Umum, Riau
wwwwww