PotretNews.com Senin 23 Juli 2018

Bertugas Saat Hari Raya Idul Fitri, Satgas Karhutla Riau: Tak Ada Tanggal Merah untuk Kami

Bertugas Saat Hari Raya Idul Fitri, Satgas Karhutla Riau: Tak Ada Tanggal Merah untuk Kami

Ilustrasi/Operasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan. (foto: internet)

Jum'at, 30 Juni 2017 14:47 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau tetap menjalankan tugas demi memastikan tidak ada kebakaran lahan, meski sebagian besar masyarakat kini sedang menikmati libur bersama Idul Fitri 1438 H."Tidak ada tanggal merah untuk kami, tetap bertugas 24 jam selama tujuh hari," kata Wakil Komandan Satgas Karhutla Riau, Edwar Sanger di Pekanbaru, Kamis (29/6/2017).

Edwar Sanger langsung memimpin petugas yang siaga dalam melakukan patroli di hanggar lengkung Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Bahkan, ia juga ikut serta melakukan patroli menggunakan helikopter untuk mengecek kondisi dari udara.

Sejumlah kebakaran lahan memang masih terjadi pada libur Lebaran ini, terutama di daerah pesisir Provinsi Riau seperti di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Ads
Edwar mengatakan, melakukan patroli untuk mengecek lokasi yang terpantau ada titik panas dan titik api di daerah Bagansinembah, Rohil. "Semoga kebakaran bisa diatasi," kata pria yang juga menjabat Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau ini, dilansir potretnews.com dari antara via okezone.com.

Menurutnya, pada pagi tadi sempat terdeteksi kebakaran lahan di sebelah Gedung Juang 45 di Kota Pekanbaru. "Langsung kami bantu pemadaman, dan Alhamdulillah sudah padam. Begitulan tugas kami tetap siaga dihari libur ini," katanya.

Sementara itu, berdasarkan analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyatakan potensi hujan masih berpotensi terjadi disertai petir dan angin kencang di sejumlah daerah di Riau. Hanya saja daerah pesisir Riau masih belum ada potensi hujan sehingga risiko kebakaran masih cukup tinggi.

Hujan disertai angin kencang diprakirakan terjadi di Riau bagian tengah dan selatan. Daerah tersebut antara lain Kota Pekanbaru, Kabupaten Pelalawan, Kampar, Rokan Hulu, Siak, Kuangan Singingi, serta sebagian Bengkalis dan Kabupaten Kepulauan Meranti. ***

Editor:
Farid Mansyur

loading...
PMB Unilak 2018/2019
wwwwww