Home > Berita > Umum

Inilah Festival Terbesar di Riau yang Diyakini Sudah Ratusan Tahun

Inilah Festival Terbesar di Riau yang Diyakini Sudah Ratusan Tahun

Ritual Bakar Tongkang yang menjadi tradisi masyarakat Tionghoa di Bagan Siapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. (foto: instagram.com/@leehengki)

Kamis, 15 Juni 2017 20:41 WIB
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Festival Bakar Tongkang merupakan acara tahunan terbesar di Riau. Festival ini dilakukan oleh masyarakat Tionghoa di Riau untuk memperingati kehadiran masyarakat Tionghoa ke tanah Bagansiapiapi tahun 1820. Menurut pantauan Arah.com, pengunjung dari luar daerah pun terlihat sangat antusias, sehingga memadati area Klenteng In Ho King. Hal tersebut membuat para pengunjung dari berbagai daerah tersebut ikut berdesakkan untuk dapat mengangkat Replika Kapal Tongkat.

Panitia penyelenggara Bakar Tongkang, Hasan mengatakan, hal itu dilakukan oleh pengunjung, karena mereka meyakini, jika ikut mengangkat Kapal Tongkat mereka akan diberi kemudahan dalam hidupnya.

"Karena kami memiliki keyakinan, bahwasannya jika kita ikut mengangkat kapal Tongkang yang akan dibakar itu, kita akan diberi kemudahan dalam hidup," katanya, saat ditemui arah.com di Klenteng In Hok King, dilansir potretnews.com dari arah.com.

Diberitakan, pembakaran tongkang menandakan tekad mereka untuk tidak kembali ke tanah leluhur dan mengembangkan diri di Bagansiapiapi. Ritual ini telah diselenggarakan di Kota Ikan (Bagansiapiapi) sejak tahun 1878, atau sudah berlangsung sejak 134 tahun silam. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Umum, Riau, Rohil
wwwwww