PotretNews.com Jum'at 20 Juli 2018
Home > Berita > Riau

Harga Pertalite Riau Termahal se-Indonesia

Harga Pertalite Riau Termahal se-Indonesia

Ilustrasi.

Senin, 22 Mei 2017 09:28 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Berbeda dengan daerah lain di Indonesia yang harga jual Pertalite-nya rata-rata Rp 7.500 dan Rp 7.700 per liter.Harga Pertalite di Riau justru lebih mahal yakni Rp 7.900 per liter (data di website resmi Pertamina), harga ini sama dengan harga pertalite secara umum yang diterapkan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Area Manager Communication & Relations Sumbagut, Fitri Erika mengatakan perbedaan harga tersebut sangat berkaitan dengan penerapan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB). Menurutnya, pertamina dalam menjalankan tugasnya patuh terhadap aturan baik yang dikeluarkan pemerintah pusat maupun aturan di daerah. “Harga Pertalite dan Pertamax sangat berpengaruh terhadap komponen PBBKB,” kata Fitri.

Dia memaparkan, berdasarkan peraturan presiden nomor 191 tahun 2014, PBBKB untuk jenis bahan bakar seperti premium maupun solar dikenakan 5 persen. Sementara bahan bakar nonsubsidi seperti Pertalite dan Pertamax mengacu pada PBBKB yang ditetapkan daerah dan tertuang dalam peraturan daerah.

Ads
“Perda Kepri nomor 8 tahun 2012 menetapkan PBBKB 10 persen. Begitu juga di Riau 10 persen, dalam perda nomor 4 tahun 2015,” terangnya, dilansir potretnews.com dari batampos.co.id.

Menurutnya, hal ini berbeda dengan daerah lain yang menetapkan PBBKB lebih rendah dari dua daerah tersebut. Maka bukan hal yang tak mungkin harga pertalitenya pun lebih murah. “Berbeda dengan wilayah Sumatera Utara atau Sumatera Barat yang menerapkan PBBKB 5 persen,” ujar dia. ***

Editor:
Farid Mansyur

loading...
Kategori : Riau, Umum, Pemerintahan
PMB Unilak 2018/2019
wwwwww