PotretNews.com Senin 20 Agustus 2018
Home > Berita > Riau

Pembebasan Lahan Tol Pekanbaru-Dumai Mencapai 70 Persen

Pembebasan Lahan Tol Pekanbaru-Dumai Mencapai 70 Persen

Ilustrasi.

Rabu, 10 Mei 2017 16:26 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Pemerintah pusat tengah membangun jalan tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru ke Dumai. Saat ini persoalan pembebasan lahan sudah mencapai 70 persen.Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA, mengungkapkan hal itu, Rabu (10/5/2017) usai menghadiri rapat Pansus Tata Ruang Wilayah Riau di Gedung DPRD Riau, di Jalan Sudirman, Pekanbaru.

Andi Rachman begitu sapaan akrabnya mengatakan, proyek nasional pembangunan jalan tol di Riau terus menjadi pantauan Pemprov Riau.

"Kita terus berkoordinasi dengan pihak BPN (Badan Pertanahan Nasional). Data terakhir yang kita dapatkan pembebasan lahan sudah terus bertambah dan sekarang sudah mencapai 70 persen," kata Andi Rachman, dilansir potretnews.com dari detik.com.

Ads
Persoalan pembebasan lahan ini, kata Andi, memang salah satu kendala di lapangan. Namun pihaknya terus melakukan pendekatan dan sosialisasi ke masyarakat yang lahannya terkena jalur tol. Masih menurut Andi Rachman, persoalan di lapangan yang dihadapi memang permintaan yang berbeda-beda soal harga lahan. Malah ada yang sampai diajukan ke pengadilan.

"Tapi pada pripsipnya, pembangunan jalan tol ini sudah banyak kemajuan. Pihak BPN menyebutkan pada Juni nanti semuanya sudah bisa dibebaskan," kata Andi.

Untuk pembangunan jalan tol, kata Andi, seksi pertama sudah bisa dimulai dari Pekanbaru menuju Minas Kabupaten Siak. "Dan kita melihat ke lapangan terakhir, itukan sudah bisa dibuka, sudah di-land clearing, serta sudah ada mobilisasi peralatan di situ," kata Andi.

Setelah dimulainya pembangunan jalan tol tersebut, kata Andi, hal itu tidak lagi domainnya Pemprov Riau. Namun hal itu sudah menjadi domain PT Hutama Karya dan Kementerian PU.

"Kita tentu berharap agar pembangunan ini bisa cepat selesai. Bukan hanya kita ingin jarak tempuh Pekanbaru-Dumai menjadi dekat, tapi dengan pembangunan jalan tol itu akan membuka lapangan kerja. Peluang usaha juga bisa tercipta di sini," kata Andi.

Untuk sekedar diketahui, panjang jalan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,4 kilometer (km) dengan dibagi menjadi 6 seksi. Jalan tol ini melintasi, Minas (Kabupaten Siak), Duri (Kabupaten Bengkal) dan Dumai yang dimulai akhir 2015 lalu. Selama ini jalan Pekanbaru-Dumai jaraknya 249 km. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Tour de Siak 2018
wwwwww