Home > Berita > Riau

Perolehan Suara Imbang, Pemungutan Suara Pemilihan Wakil Gubernur Riau Diulang Paling Lambat Dua Jam

Perolehan Suara Imbang, Pemungutan Suara Pemilihan Wakil Gubernur Riau Diulang Paling Lambat Dua Jam

Suasana Pemilihan Wakil Gubernur Riau.

Selasa, 25 April 2017 12:57 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Hasil perhitungan suara Pemilihan Wakil Gubernur Riau (Wagubri) dinyatakan imbang dengan poin masing-masing kandidat sebanyak 31 suara. Akibatnya, panitia pemilihan melakukan pemungutan suara ulang. Sesuai tatib, pemungutan ulang harus dilakukan dua jam setelah pembacaan hasil pemungutan suara pertama. Saat pertama kali surat suara dibuka dan dibacakan Ade Hartati, nama Wan Thamrin Hasyim memang terturut-turut paling awal melaju disusul Ruspan Aman yang terus mengejarnya.

Berdasarkan laman GoRiau.com yang dilansir potretnews.com, hingga tiba akhir perhitungan diketahui bahwa Wan Thamrin Hasyim berhasil mengumpulkan 31 suara, begitu juga dengan Ruspan Aman sebanyak 31 suara. Hasil perhitungan tersebut didapat dari 62 hak suara anggota dewan yang hadir dalam pemilihan.

"Harus dilakukan pemungutan suara ulang paling lambat dua jam," kata Ketua DPRD Riau, Septina Primawati Rusli, Selasa (25/4/2017) siang di ruang rapat paripurna DPRD Riau.

Situasi yang awalnya menegangkan itu pun semakin memanas diwarnai teriakan histeris para pendukung masing-masing cawagubri. Dalam pemilihan ini, Ruspan Aman bernomor urut satu dan Wan Thamrin bernomor urut dua.

Pantauan di lokasi acara, proses pemilihan Wagubri itu sempat molor hampir dua jam. Yang seharusnya dilaksanakan pukul 09.00 WIB molor dan baru dimulai pada pukul 10.53 WIB. Hal ini terjadi karena Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman tak kunjung datang dalam acara.

Sementara itu, dari 64 anggota dewan yang memiliki hak suara, dilaporkan hadir sebanyak 62 orang. Sehingga rapat paripurna pemilihan wakil kepala daerah ini dinyatakan kuorum.

Untuk diketahui, Wan Thamrin Hasyim merupakan mantan Bupati Rokan Hilir. Sedangkan, Ruspan Aman merupakan Ketua Harian DPD I Partai Golkar Riau dan beberapa kali menjadi Anggota DPRD Riau. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

wwwwww