PotretNews.com Senin 20 Agustus 2018

Kepada Kaum Muda Riau Jenderal Gatot Bilang Sekarang Indonesia Sedang ”Dijajah” lewat Medsos, Waspadalah...!

Kepada Kaum Muda Riau Jenderal Gatot Bilang Sekarang Indonesia Sedang ”Dijajah” lewat Medsos, Waspadalah...!

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. (foto: goriau.com)

Rabu, 05 April 2017 17:48 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyinggung soal dampak dari kian pesatnya teknologi yang masuk ke Indonesia, salah satunya media sosial. Ia mengistilahkan bahwa Indonesia saat ini sedang ”dijajah”, dan hal itu mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.


Ini disampaikan Jenderal Gatot Nurmantyo dalam kuliah umumnya di Kampus UIN Suska Riau, di Kota Pekanbaru, Rabu (5/4/2017) siang, yang dihadiri oleh ribuan mahasiswa dan pelajar. Ia mengistilahkan situasi sekarang ini dengan sebutan ”penjajahan medsos”.

"Ini lebih berbahaya, di mana yang dijajah tidak merasa dijajah, bahkan yang dijajah rela mengeluarkan uangnya (paket internet dll, red). Penjajah media sosial bahkan saat ini sudah sampai membawa dampak ke rumah tangga kita," sebut dia mencontohkan, dilansir potretnews.com dari GoRiau.com.

Media sosial saat ini sudah menjadi gaya hidup orang Indonesia. Tentu hal tersebut membawa pengaruh besar. Dengan praktisnya berurusan di dunia maya membuat masyarakat mengutamakan media sosial dalam menyelesaikan segala urusan. Ini juga berdampak dengan geliat perekonomian.


"Lihat saja GoJek, tidak punya satu pun kendaraan, tapi bisa menggerakkan bisnis transportasi. Grab juga, tak punya taksi tapi kemajuannya pesat. Belum lagi jual beli online, di mana tak punya satu pun barang, tapi bisa berbisnis. Ini kekuatan tekhnologi," terangnya.

Situasi seperti ini memang menunjang pola perekonomian, kata dia. Namun disisi lain juga dapat menyebabkan terjadinya krisis dan depresi ekonomi, yang membawa dampak dengan meningkatnya kejahatan sehingga dapat menganggu keamanan dan ketertiban.

"Efeknya, kejahatan dan konflik meningkat. Kenapa? Karena pekerja dipangkas lantaran semuanya memanfaatkan teknologi. Disatu sisi memang bagus, namun disisi lain tentu ada dampak buruknya" sebut Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Maka pantaslah Gatot menempatkan media sosial sebagai salah satu ancaman yang dihadapi Indonesia saat ini. Ditambah lagi masyakaratnya merupakan salah satu pengguna terbesar di dunia. Jika tidak waspada, pengaruh buruk akan dengan mudah menyusup. ***
Editor:
Fanny R Sanusi

Ads
Tour de Siak 2018
wwwwww