Kapan Waktu Terbaik Menjajal Ombak Bono di Hilir Sungai Kampar Kabupaten Pelalawan?

Kapan Waktu Terbaik Menjajal Ombak Bono di Hilir Sungai Kampar Kabupaten Pelalawan?

Ombak Bono di Sungai Kampar, Riau. Berselancar di sungai ini sangat menantang.

Sabtu, 18 Maret 2017 10:38 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Jika Anda pecinta kegiatan ekstrem, salah satu aktivitas yang patut dicoba ketika bertualang ke Riau adalah berselancar di Ombak Bono. Ombak ini sangat terkenal karena berlokasi di sungai, tepatnya Sungai Kampar. Ombak Bono sendiri adalah fenomena ombak dengan tinggi mencapai lima meter yang terjadi di hilir Sungai Kampar, wilayah semenanjung Kampar, Kecamatan Telukmeranti, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Berdasarkan laman kompas.com yang dilansir potretnews.com, Ombak Bono berbeda dengan ombak laut yang langsung terhempas di pantai. Bono Sungai Kampar mengalir ke arah hulu.

Ombak Bono bisa menggulung dengan jarak 30 kilometer tanpa putus. Di dekat sumber pasang laut, Bono dapat mencapai ketinggian lima meter dan semakin berkurang di pedalaman sungai. Lalu, kapan waktu terbaik untuk mencoba berselancar bono di Riau? Kepala Disparekaf Provinsi Riau, Fahmizal Usman mengatakan ombak bono bisa ditemukan sepanjang tahun.

“Pokoknya saat bulan purnama itu gelombangnya besar,” kata Fahmizal seusai jumpa pers Peluncuran Kalender Pariwisata Provinsi Riau di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (17/3/2017). Ia mengatakan, dalam sebulan, ombak Bono hanya tak dapat ditemukan selama dua hari. Menurut Fahmizal, ombak Bono tak ada pada tanggal 8 dan 25.

Ombak Bono sendiri diminati oleh para peselancar dunia. Sebut saja peselancar Inggris Steve King, para peselancar Australia yakni James Cotton, Roger Gamble dan Zig Van Der Sluys. Mereka berempat atlet yang menorehkan rekor dunia berselancar terpanjang di bono Sungai Kampar. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

wwwwww