Berikut 3 Keunggulan Riau untuk Tarik Minat Wisatawan Mencanegara

Berikut 3 Keunggulan Riau untuk Tarik Minat Wisatawan Mencanegara

Ilustrasi.

Jum'at, 17 Maret 2017 12:11 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Riau ternyata punya pesona wisata yang tak kalah dengan provinsi lain di Indonesia. Menpar Arief Yahya pun menyebut 3 keunggulan Riau. Apa saja? Ditemui usai membuka acara peluncuran Calender of Event Riau 2017, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut ada 3 keunggulan Riau yang harus dimanfaatkan guna menarik wisman datang liburan ke sana. Salah satunya adalah soal letak secara geografis Riau yang cukup strategis.

"Ada 3 keunggulan Riau. Pertama soal letak geografis. Riau ini dekat dengan tetangga-tetangga, Singapura, Malaysia, secara geografis Riau unggul. Ini harus dimanfaatkan," ujar Arief di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta, Kamis (16/3/2017) malam, dilansir potretnews.com dari detik.com.

Mengenai kedekatan jarak ini, Menpar Arief Yahya mengaku akan membantu Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, Fahmizal Usman untuk melobi maskapai-maskapai nasional agar makin banyak penerbangan dengan rute baru ke Pekanbaru, Riau.

"Kita ada direct flight ke Singapura, dan Penang, Malaysia. Dalam waktu dekat ini, kita sedang lobi Garuda Indonesia untuk buka rute baru Pekanbaru-Phuket, Thailand. Dekat kok, cuma 1,5 Jam," ungkap Fahmi.

Keunggulan kedua, masih menurut Arief adalah soal kedekatan juga, tetapi bukan secara geografis, melainkan soal budaya. Seperti kita tahu, Riau punya budaya Melayu yang sangat kental. "Riau itu asal muasal budaya Melayu, bahasa Indonesia juga asalnya dari Riau. Riau boleh mengklaim dirinya sebagai The Homeland of Melayu," ucap Arief.

Kedekatan budaya Melayu inilah yang harus dimanfaatkan Riau untuk menarik wisman, terutama yang berasal dari Negeri Jiran Malaysia. Terakhir, menurut Arief keunggulan Riau ada di pendapatan per kapitanya yang tinggi, nomor 3 di seluruh Indonesia.

"Riau punya pendapatan per kapita tertinggi nomor 3 se-Indonesia. Nomor 1 Jakarta, nomor 2-nya Kaltim. Ini keunggulan karena masyarakatnya sejahtera dan bisa invest di sektor lain, terutama pariwisata," ujar Arief. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

wwwwww