Home > Berita > Riau

Ditabalkan Gelar Datuk Seri Setia Amanah, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman Merasa Didoakan dan Diingatkan

Rabu, 15 Maret 2017 18:49 WIB
Muhamad Maulana
ditabalkan-gelar-datuk-seri-setia-amanah-gubernur-riau-arsyadjuliandi-rachman-merasa-didoakan-danPenabalan Gelar Datuk Seri Setia Amanah Masyarakat Adat Melayu Riau kepada Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman oleh Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR).
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA bersukacita menerima gelar adat Datuk Seri Setia Amanah dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR). Atas penyematan gelar tersebut, dirinya merasa didoakan untuk setia terhadap amanah sebagai seorang gubernur dan diingatkan akan tugasnya sebagai seorang pemimpin di bumi Melayu ini.

"Isi dari doa tersebut juga tidak tanggung-tanggung yakni setia terhadap amanah yang merupakan satu dari empat sifat Nabi Muhammad Saw," kata pria yang akrab disapa Andi Rachman saat memberikan kata sambutan usai menjalani prosesi penabalan Gelar Datuk Seri Setia Amanah di Balai Adat Melayu Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Rabu (15/3/2017).

Pemberian gelar itu pun dirasa Andi dapat menjadi pengingatnya terhadap tugas-tugas yang diemban dalam keseharian sebagai gubernur. Apalagi, Riau masih memerlukan banyak pembenahan untuk lebih maju.

Orang nomor satu di Riau ini pun mengaku tidak bisa sendirian dalam menjalankan roda pemerintahan. Sehingga ia mengharapkan semua elemen masyarakat termasuk juga LAMR untuk bekerja sama dengan pemerintah.

"Dengan tekad yang kuat, isi doa setia pada amanah dan pada perjuangan rakyat Riau untuk lebih maju harus saya wujudkan. Insya Allah. Tentunya ini dengan bantuan dan kerja sama seluruh pihak," tuturnya.

Dikatakan Ketua Majelis Kerapatan Adat, OK Nizam Jamil, bahwa pengukuhan Gelar Datuk Seri Setia Amanah kepada Gubernur Riau ditetapkan oleh MKA setelah melewati proses konsultasi bersama Dewan Pimpinan Harian LAM Riau. Ini pun tertuang dalam Surat Keputusan Nomor SK-12-LAMRiau/III/2017 tentang penetapan dan pengukuhan Gelar Datuk Seri Setia Amanah kepada Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman.

"Keputusan pemberian gelar ini didapat setelah Majelis Kerapatan Adat berkosultasi dengan Dewan Pimpinan Harian LAM Riau dan tertuang dalam SK-12-LAMRiau/III/2017," ungkap OK Nizam Jamil.

Sementara itu, disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Harian LAMR Al-Azhar menyebutkan bahwa Gelar Datuk Seri Setia Amanah itu merupakan sebuah pengharapan kepada Andi Rachman untuk benar-benar melaksanakan komitmennya dalam pelestarian kebudayaan Melayu di Bumi Lancang Kuning ini.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/25042017/potretnewscom_cw8yv_861.jpg
Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman dipasangkan Tanjak oleh Ketua MKA LAMR OK Nizam Jamil saat Penabalan Gelar Datuk Seri Setia Amanah dari Lembaga Adat Melayu Riau.

"Gelar Datuk Seri Setia Amanah itu merupakan gelar pengharapan mengenai apa yang akan diperbuat gubernur ke depannya atas kebijakan-kebijakan yang telah dikeluarkannya," urainya.

Beberapa kebijakan gubernur yang maksud Al Azhar tersebut, di antaranya dengan lahirnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Kebudayaan yang berdiri sendiri dan memiliki kewenangan yang besar.

Kemudian, pencanangan program pariwisata berbasis budaya dinilai sangat tepat karena dapat dijadikan pembatas pengembangan pariwisata agar tidak menyimpang dari adat kesopanan Melayu.

Selain itu, Andi Rachman juga menelurkan Peraturan Gubernur (Pergub) Muatan Lokal Budaya Melayu untuk dipelajari di sekolah-sekolah sebagai wujud melestarikan kebudayaan. "Beliau juga mengeluarkan kebijakan Riau sebagai Tanah Tumpah Darah Melayu," tandasnya. ***

Editor:
Redaksi potretnews.com


wwwwww