Home > Berita > Riau

Riau Kirimkan Peserta Ikuti Kursus Pelatih Futsal Level Asia

Riau Kirimkan Peserta Ikuti Kursus Pelatih Futsal Level Asia

Ilustrasi.

Sabtu, 11 Maret 2017 09:41 WIB
BANDARLAMPUNG, POTRETNEWS.com - Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Lampung kembali mendapatkan kepercayaan menyelenggarakan kursus pelatih, dan kali ini untuk level AFC 1 atau untuk level Asia 1. Kursus pelatih level AFC 1, dijadwalkan akan digelar pada 13-18 Maret 2017, di Futsal Arena Susunan Baru, Bandar Lampung. "Kepelatihan level Asia atau AFC 1 ini merupakan persyaratan penting bagi klub-klub futsal di Indonesia karena bagaimanapun juga regulasi terus mengalami perubahan dan perbaikan sehingga kita harus ikuti terus. Maka dari itu saya sangat berterima kasih kepada AFI, yang memberikan kepercayaan ini kepada Lampung," Ketua AFP Lampung, Eddy Samsu seperti diberitakan lampost.co, Jumat (10/3/2017), yang dilansir potretnews.com.

Menurut Eddy, kursus pelatih level AFC 1 akan diikuti 20 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia yang terdiri dari Jakarta ada 7 pelatih, Tangerang 2 pelatih, Kalimantan Selatan ada 3 peserta, Lampung 3 peserta, dan Surabaya, Riau, Banten, Sulawesi Selatan, Papua masing-masing 1 peserta. "Ini menjadi satu prestasi tersendiri bagi AFP Lampung yang diberikan kepercayaan sepenuhnya untuk berbagai even level nasional dan internasional," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, untuk diketahui bahwa saat ini di Lampung sudah memiliki lebih dari 10 pelatih futsal berlevel AFC 1 dan puluhan yang level nasional. "Dari sini seharusnya, lampung mempunyai prestasi yang bagus di futsal nasional," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana kursus, Edi Purwanto mengatakan secara persiapan, pihaknya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik, mulai dari instruktur, peserta maupun sarana dan prasarana.

"Alhamdulillah, persiapan sudah selesai mendekati 100 persen, kami sudah prepare para peserta dan instruktur sudah tidak ada masalah tinggal berangkat. Lalu sarana latihan juga sudah kami persiapkan sesuai dengan yang ditentukan, untuk kelas sudah cukup untuk kapasitas 25 orang dengan peralatan yang memadai. Lalu untuk lapangan, kita sudah siapkan di IFA seperti yang sudah diakui pengurus AFI sebagai lapangan standar nasional," kata Edi, kemarin.

Bahkan, instruktur Andre Irawan yang sudah mempunyai sertifikat instruktur level AFC 1, dengan asisten yang sudah ditunjuk dari AFI. "Artinya, dapat dipastikan semua sudah kami lakukan konfirmasi dengan beliau termasuk dengan para pengurus AFI di Jakarta. Alhamdulillah siap semua," tegasnya.

Lebih lanjut, Don Pecci mengungkapkan hingga saat ini AFP Lampung sudah menyelenggarakan tiga kali kursus pelatih futsal level nasional, di antaranya, kursus wasit futsal tingkat daerah dan terakhir segera melaksanakan kursus pelatih futsal level AFC 1.

Selain itu, dia pun menegaskan AFP akan terus berupaya meningkatkan perangkat pertandingan dari yang tidak memiliki sertifikat, hingga sekarang sudah cukup banyak pelatih yang bersertifikat baik nasional maupun AFC 1.

"Kami terus mencoba memperbaiki organisasi ini dengan memberikan fasilitas-fasilitas untuk meningkatkan kemampuan dan levelnya. Nah kesempatan kali ini harus dipergunakan dengan maksimal, karena ini bentuk dari sebuah kepercayaan pengurus pusat kepada kami," ujarnya.

Seperti diketahui,Lampung mempunyai dua klub yang kini berlaga di level nasional yakni Liga Pro. Yang pertama, Lampung Angel di kelompok putri, dan Giga FC Metro di kelompok putra. "Lampung ini sudah cukup disegani di level nasional, maka dari itu saya berharap banyak para pelatih dan pemilik klub di Lampung menyadari hal ini dan selalu bersatu dalam menyikapi perkembangan futsal nasional. Bahkan ada beberapa pemain Lampung yang masuk dalam seleksi tim nasional. Mari kita dukung," ujarnya. ***

Editor:
Farid Mansyur

Kategori : Riau, Umum, Sport
wwwwww