Home > Berita > Umum

Mengenal Anambas di Kepulauan Riau, Pulau Tropis Terbaik se-Asia

Mengenal Anambas di Kepulauan Riau, Pulau Tropis Terbaik se-Asia

Ilustrasi/Pulau Matak di Kabupaten Anambas. (foto: internet)

Minggu, 26 Februari 2017 10:21 WIB
TAREMPA, POTRETNEWS.com - Mungkin nama Anambas di Kepulauan Riau (Kepri) masih belum setenar Bali atau Flores. Namun faktanya, pulau ini pernah disebut sebagai pulau tropis terbaik di Asia. Berlokasi di bagian Barat daya Indonesia atau Laut China Selatan, demikian ditulis dalam laman detik.com yang dilansir potretnews.com, Kabupaten Kepulauan Anambas bisa disebut sebagai permata tersembunyi Indonesia yang belum terekspose oleh wisatawan di luar Kepulauan Riau. Padahal pada tahun 2012 silam, media internasional CNN Travel pernah mentahbiskan Pulau Bawah di Anambas sebagai ”Pulau Tropis Terbaik di Asia”. Menyisihkan beberapa pulau cantik lain di negara tetangga.

Hal itu pun diungkapkan oleh Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris di kantor Bupati Kabupaten Anambas, Tarempa, Sabtu (25/2/2017). "Pulau Bawah adalah salah satu pulau yang terindah di Asia dan itu sudah masuk di dalam kategori CNN," kata bupati yang akrab disapa dengan nama Haris ini.

Namun, Pulau Bawah hanya merupakan salah satu dari sekian banyak pulau di Kepulauan Anambas yang sudah lebih dulu populer. Faktanya, Anambas memiliki total 255 pulau. Jumlah itu mencakup 26 pulau yang telah dihuni dan 249 pulau yang masih kosong. Secara lokasi, Anambas juga begitu strategis dan dekat dengan negara tetangga seperti Malaysia hingga China.

"Anambas punya 255 pulau, 26 itu sudah berpenghuni, 249 masih kosong, 5 pulau adalah pulau terluar yang berbatasan langsung dengan negara tetangga. Daratan 1,3%, laut 89% lebih, jadi itulah Anambas secara seutuhnya," jelas Haris.

Menyadari potensi wisata yang ada di Kepulauan Anambas, Haris beserta Wan Zuhendra selaku Wakil Bupati Kepulauan Anambas mengaku sangat antusias untuk mengembangkan potensi pariwisata Anambas. Caranya dengan mengoptimalkan keindahan bawah laut Anambas serta hasil perikanannya yang begitu kaya.

"Ke depan Kabupaten Pulau Anambas ini, kami akan mengangkat potensi daerah, terutama pariwisata dan perikanan, saya bersama wakil bupati berniat dan punya semangat mengembangkan pariwisata," ujar Haris. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

Kategori : Umum
wwwwww