PotretNews.com Rabu 22 Agustus 2018
Home > Berita > Inhil

Miris, Ternyata Banyak Anak di Pelosok Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir Kekurangan Vitamin...

Miris, Ternyata Banyak Anak di Pelosok Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir Kekurangan Vitamin...

Ilustrasi/Salah satu desa di Kecamatan Tempuling. (foto: internet)

Sabtu, 25 Februari 2017 08:31 WIB
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Kesejahteraan untuk seluruh masyarakat Indonesia ternyata masih milik masyarakat yang terdekat dengan pusat pemerintahan. Anak yang terkadang selalu menjadi korban utama, seperti halnya yang terjadi di Provinsi Riau ini.Data Kecamatan Tempuling, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau yang berletak wilayahnya masuk ke pedalaman dari kawasan perairan Selat Malaka, mencatat diperkirakan 250 anak prasekolah setempat mengalami kekurangan Vitamin A, bahkan setiap tahun ada yang mengalami kebutaan dan separuhnya kemudian meninggal dalam jangka waktu 12 bulan.

"Makanya pemberian Vitamin A melalui Posyandu atau Puskesmas sebagai program suplementasi aktif dikampanyekan dan terus digalakkan hingga saat ini," kata Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Ranting IV Koramil 03/Tempuling, Inhil Yuli Sugiyono melalui surat elektroniknya seperti yang diberitakan antara, Jumat (24/2/2107), dan dilansir potretnews.com via arah.com.

Untuk itu lanjutnya, bertepatan dengan bulan vitamin A Februari ini, pihaknya bersama-sama ikut turun kelapangan guna menyasar seluruh anak yang berusia enam bulan sampai 59 bulan di Tempuling mendapat suplemen tersebut. "Kami membagikannya secara gratis," kata Yuli Sugiyono lagi.

Ads
Hal senada juga diakui Ketua PKK Kecamatan Tempuling Ridwan, dimana kondisi pada bayi dibawah usia 6 bulan pemberian suplemen Vitamin A tergantung asupan Air Susu Ibu (ASI) yang diterimanya. "Sesungguhnya bayi yang usianya belum genap 6 bulan, sumber vitamin A sepenuhnya diperoleh dari ASI, terutama bila ibunya mendapatkan suplemen vitamin A selama hamil dan setelah melahirkan," terangnya.

Namun jika pemberian ASI nya tidak mencukupi dan selama hamil atau saat masa nifas, ibu tidak mendapatkan Vitamin A, maka bayi dapat diberikan dengan dosis 25.000 IU yang diberikan pada interval 2-3 bulan dengan maksimal pemberian 3 dosis, hingga bayi berumur 6 bulan dan bisa diberikan vitamin A dosis 100.000 IU (kapsul biru).

Di samping itu pula, pemberian kapsul Vitamin A pada ibu setelah melahirkan dapat meningkatkan status suplemen tersebut dalam ASI. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Inhil, Umum
Tour de Siak 2018
wwwwww