PotretNews.com Selasa 21 Agustus 2018
Home > Berita > Riau

Catat! Iven Nusantara yang Wajib Anda Datangi Bulan Maret Ini

Catat! Iven Nusantara yang Wajib Anda Datangi Bulan Maret Ini

Ilustrasi/Berselancar di Muara Sungai Kampar, Palalawan, Riau.

Jum'at, 24 Februari 2017 10:59 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Salah satu kegiatan yang paling menyenangkan saat traveling keliling Indonesia adalah menyaksikan iven-iven tahunan di tempat yang Anda kunjungi.Banyak hal seru yang akan Anda dapatkan saat datang ke sana. Seperti dilansir potretnews.com dari liputan6.com yang merangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/02/2017) serangkaian iven tahunan Nusantara hadir di bulan Maret ini. Anda yang berminat untuk menyaksikannya, jangan lupa catat tanggal-tanggal berikut ya!

1. Tour de Bintan
Kalau iven yang satu ini jadi salah satu ajang wisata sekaligus perlombaan olahraga sepeda tingkat Internasional. Ratusan peserta dari 40 negara di dunia tercatat mengikuti acara ini lho. Acara ini akan diselenggarakan di tanggal 3-5 Maret 2017.

Tour de Bintan ini sudah masuk dalam kalender balap sepeda dunia untuk Grand Fondo World Series 2017. Sudah pasti acara ini sangat dinanti-nantikan oleh para pecinta olahraga balap sepeda.

Ads
Antusiasme para peserta yang mengikuti kompetisi ini ternyata tak sekadar untuk mencari hadiah atau menyalurkan hobi. Mereka pun senang menikmati pemandangan alam di Pulau Bintan yang terkenal dengan keindahannya.

2. Festival Bekudo Bono
Bagi pecinta surfing, Anda harus bersiap untuk booking tiket pesawat dan hotel ke Riau di bulan Maret ini. Surfing biasanya dilakukan di pantai. Namun, di Festival Bekudo Bono ini, Anda bisa merasakan sensasi berselancar di Muara Sungai Kampar, Palalawan, Riau.

Gelombang Bono sendiri merupakan fenomena alam di mana pertemuan arus sungai dan laut dapat menimbulkan ombak tinggi yang mencapai 3 s.d. 5 m dengan panjang hingga 42 km. Gelombang besar ini hanya ada dua di dunia, yaitu di Brazil dan di Indonesia.

3. Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU)
Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ini merupakan acara tahunan yang rutin dilaksanakan sejak 1972. Acara ini diselenggarakan selama sebulan penuh dalam rangka memperingati HUT Kota Medan.

Di acara ini, Anda bisa melihat pameran budaya, berbelanja di bazaar produk UKM warga Sumatera Utara, menonton pertunjukan seni, mencicipi kuliner khas, dan masih banyak lagi. PRSU selalu dilaksanakan pada minggu kedua bulan Maret hingga minggu kedua bulan April.

4. Kulminasi Matahari
Tak hanya Festival Cap Go Meh Singkawang, Pontianak pun punya acara tahunan untuk merayakan puncak titik kulminasi matahari di Tugu Khatulistiwa Pontianak.

Titik kulminasi matahari adalah fenomena alam ketika matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa. Peristiwa ini terhitung cukup langka karena hanya bisa dinikmati di lima negara di dunia, termasuk Pontianak, Indonesia.

Ya, Pontianak memang dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena berada tepat di atas garis khatulistiwa. Selain melihat fenomena alam tersebut, Anda pun bisa menyaksikan berbagai pameran budaya dari Suku Dayak, Melayu, atau Tionghoa di sana. Iven ini bisa Anda saksikan di tanggal 21 - 23 Maret dan 21 - 23 September 2017.***

Editor:
Fanny R Sanusi

Tour de Siak 2018
wwwwww