PotretNews.com Jum'at 18 Agustus 2017

Pagi Nihil, Sorenya 2 Titik Panas Terpantau di Tanahputih Kabupaten Rokan Hilir

Pagi Nihil, Sorenya 2 Titik Panas Terpantau di Tanahputih Kabupaten Rokan Hilir

Tampak pesawat Hawks milik TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin menggelar patroli di atas lahan yang terbakar di wilayah Pelalawan, beberapa waktu lalu. (foto: dok Karhutla Riau 2017/goriau.com)

Jum'at, 17 Februari 2017 17:07 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Citra satelit kembali mendeteksi kemunculan titik panas (hotspot) di Provinsi Riau, Jumat (17/2/2017) sore. Hotspot tersebut terdapat di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru merincikan, dua titik panas tersebut berada di Kecamatan Tanahputih, Kabupaten Rohil, yang kerap jadi langganan kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Terdeteksi titik panas dengan level confidence (tingkat kepercayaan) di atas 50 persen di Rohil. Sedangkan untuk daerah lain di Sumatera nihil," kata Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin, Jumat sore, dilansir potretnews.com dari GoRiau.com.

Hotspot tersebut baru muncul sore ini, karena pada pengamatan pagi tadi Riau masih nihil (titik panas). Tidak menutup kemungkinan bahwa hotspot tersebut muncul akibat adanya aktivitas pembakaran lahan dan hutan.

Ads
Sugarin menjelaskan, secara umum cuaca Riau masih cerah-berawan, dengan potensi hujan intensitas ringan tidak merata terjadi di Riau baguan tengah, barat dan selatan pada sore atau malam hari.

Hal tersebut tidak berdampak signifikan terhadap tinggi gelombang. Diprakirakan tinggi gelombang disejumlah perairan Riau berkisar 0,25 hingga satu meter, seperti di Rohil, Dumai, Bengkalis, Indragiri Hilir (Inhil) dan Meranti. ***

Editor:
Fanny R Sanusi

loading...
RAPP HUT ke-72 Kemerdekaan RI
wwwwww