PT Inti Indosawit Subur Positif Cemari Sungai di Tanjungpauh Kuansing

PT Inti Indosawit Subur Positif Cemari Sungai di Tanjungpauh Kuansing

Seorang karyawan PT IIS sedang menimbun tanggul kolam limbah yang jebol, Selasa (24/1/2017) lalu.

Kamis, 09 Februari 2017 19:40 WIB
TELUKKUANTAN, POTRETNEWS.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau menyatakan Sungai Pokahan di Tanjung Pauh positif tercemar oleh limbah PT Inti Indosawit Subur (IIS).

BERITA TERKAIT:

. Berkali-kali Diduga Cemari Sungai, DPRD Kuansing Minta Izin PT Inti Indosawit Subur Dicabut

Hasil labor yang dianalisa oleh tim DLH merupakan sampel limbah pada medio Desember 2016 lalu. "Setelah dianalisa oleh tim, kesimpulannya sungai di Tanjung Pauh tercemar oleh limbah PT IIS," kata Kepala DLH Kuansing, Jafrinaldi kepada GoRiau.com, Kamis (9/2/2017) siang di Telukkuantan, yang dilansir potretnews.com.

Atas pencemaran tersebut, Jafrinaldi menyatakan pihaknya akan memberikan teguran tertulis kepada PT IIS. "Kita beri teguran dulu, tak mungkin langsung mendapat teguran keras," sebut Jafrinaldi.

Dikatakan Jafrinaldi, selain memberikan teguran, pemerintah juga meminta agar PT IIS melakukan normalisasi sungai dan sumur warga sekitar sungai. Tidak hanya itu, PT IIS juga diharuskan untuk menabur benih ikan. "Itu untuk mengganti ikan yang sudah mati akibat pencemaran limbah," tutur Jafrinaldi.

Sementara itu, untuk Sungai Amuik yang juga diduga tercemar limbah PT IIS belum keluar hasil pemeriksaan labor PU Riau. Jika sudah keluar nanti, kata Jafrinaldi, tim khusus akan menganalisa dan lalu menyimpulkan hasilnya.

"Hasilnya akan kita sampaikan ke masyarakat dan tentunya pihak perusahaan juga sudah tahu hasil ini," ujar Jafrinaldi. ***

Catatan redaksi: Berita ini dilansir dari Surat kabar Online GoRiau.com terbitan Kamis, 09 Februari 2017 17:04 WIB. Berikut berita aslinya.

Editor:
Akham Sophian

wwwwww