PotretNews.com Minggu 19 Agustus 2018
Home > Berita > Riau

Hanya 8.330 Guru Madrasah di Riau yang Bersertifikat

Hanya 8.330 Guru Madrasah di Riau yang Bersertifikat

Ilustrasi.

Kamis, 09 Februari 2017 18:36 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Riau menyatakan jumlah guru madrasah setempat yang mencapai 18.530 orang, baru ada sebanyak 8.330 orang yang bersertifikat.Hal ini terungkap saat kunjungan Komisi VIII DPR RI saat kunjungan mengenai impassing dan sertifikasi guru di Aula Lantai II Kanwil Kementerian Agama, di Pekanbaru, Kamis (9/2/2017).

"Saat ini jumlah guru madrasah di Riau yang tercatat berkisar 18.530 orang ditambah guru kristen 668 orang, katolik 55 orang, hindu 3 orang, dan budha sebanyak 117 orang," ujar Kakanwil Kemenag Riau Ahmad Supardi, dilansir potretnews.com dari netralnews.com.

Lebih lanjut ia melaporkan bahwa untuk jumlah guru yang sudah bersertifikasi ada sebanyak 8.330 orang, dengan rincian dari guru madrasah 4.630 orang dan guru PAIS sebanyak 3.700 orang. Ahmad juga menjelaskan jumlah guru madrasah dan PAIS yang sudah inpassing berjumlah 1.845 orang, dimana guru madrasah sebanyak 1.820 orang dan guru PAIS 25 orang.

Ads
"Untuk saat ini kami akan fokus terhadap guru yang belum disertifikasi pada tahun 2005 kebawah, mengingat masih banyak sekali yang belum mendapat sertifikasi," ucapnya. Selain itu sampai saat ini diakuinya masih ada keterlambatan pembayaran tunjangan profesi guru yang terkendala oleh tidak cukupnya anggaran.

"Inshaallah yang kurang di tahun lalu akan kita bayarkan tahun ini, dan diharapkan kedepan pihak kami bersama pihak terkait dapat mempercepat proses penyelesaian pembayaran program sertifikasi guru dan program inpassing madrasah yang masih terhutang," ujarnya.

Ditemui di tempat yang sama Gubernur Provinsi Riau yang diwakili oleh Asisten III Kasiaruddin mengucapkan apresiasi yang sangat tinggi atas kunjungan rombongan Komisi VIII DPR RI ke Riau. "Diharapkan kehadiran wakil rakyat kita ini dapat membawa perubahan yang signifikan untuk lembaga pendidikan kita di masa yang akan datang," ujarnya.

Menurut Kasiaruddin hal ini sangat penting demi kesejahteraan dan peningkatan kualitas kinerja tenaga pendidik. Ia juga menyebutkan bahwa pihaknya siap membantu dan mendukung sepenuhnya program yang ada di Kemenag terkait masalah sertifikasi guru dan inpassing.

Pada pertemuan itu juga dilakukan diskusi dan tanya jawab antara anggota komisi VIII dan ASN Kemenag Riau. Yang diakhiri dengan penyerahan Plakat dari Kanwil kepada Ketua Komisi VIII DPR RI. ***

Editor:
Hanafi Adrian

Kategori : Riau, Umum
Tour de Siak 2018
wwwwww